Deretan Polwan Naik Pangkat jadi Kapolres hingga Bintang Dua

Kapolri melakukan rotasi terhadap 120 personel Polri

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap Perwira Tinggi dan Perwira Menengah. Dalam surat telegram No ST/1214/VI/KEP./2022, sebanyak 120 personel Polri yang dirotasi.

Dari jumlah tersebut, terdapat satu orang Polisi Wanita atau Polwan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bintang dua yaitu Brigjen Juansih yang dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri.

“Penempatan Polwan merupakan komitmen bapak Kapolri terhadap kesetaraan gender,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo lewat keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Jubir Polri Kini Dijabat Polwan, Kombes Pol Nurul Azizah

1. Polwan jabat Kapolres Bukittinggi dan Kabag Penum Humas Polri

Deretan Polwan Naik Pangkat jadi Kapolres hingga Bintang DuaPembacaan pembukaan UUD oleh anggota Polwan Polres PPU pada upacara bendera PHI ke 91 tahun 2019 (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Tidak hanya Brigjen Juansih, terdapat satu Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi, dan satu Polwan mendapat promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri yaitu Kombes Nurul Azizah.

Selain itu juga terdapat tiga Polwan yang menduduki jabatan strategis di wilayah yakni AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar.

AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes Endang Sri wahyu Utami Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar dan Kombes Yuliani Kabidkum Polda Banten.

“Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Kesetaaan gender akan terus diperjuangkan. Sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri,” ujar Dedi.

Baca Juga: 6 Polwan Terima Penghargaan Kapolri di Hari Jadi ke-73 Polwan RI

2. Kompolnas apresiasi Kapolri soal kesetaraan gender

Deretan Polwan Naik Pangkat jadi Kapolres hingga Bintang DuaIlustrasi Kompolnas (Dok. Humas Polri)

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah mempromosikan banyak polwan dalam mutasi jabatan kali ini. Poengky menilai Sigit menunjukkan kesungguhan terhadap isu pengarusutamaa gender.

“Kompolnas mengapresiasi TR baru yang memberikan ruang atau memberikan posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan. Dalam hal ini ada Brigjen Juansih menjadi irjen, ada dua irjen dari polwan,” kata Poengky.

Poengky juga menyoroti banyak perwira menengah polwan yang kinerjanya nampak diapresiasi di TR ini. Poengky berpendapat dipromosikannya para polwan adalah bukti kesungguhan Sigit dalam menghormati kesetaraan gender.

“Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif,” tutur Poengky.

Poengky berharap Kapolri, saat menerbitkan surat telegram berikutnya, mempromosikan lebih banyak lagi polwan. Poengky menegaskan banyak polwan yang menoreh prestasi, yang tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

“Kami harap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi,” pungkas Poengky.

3. Komnas Perempuan berharap ke depan ada polwan jadi Kapolda

Deretan Polwan Naik Pangkat jadi Kapolres hingga Bintang DuaKapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). (dok. Humas Polri)

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menyampaikan apresiasinya atas penunjukkan banyak polwan dalam jabatan strategis di Polri. Dia berharap kepemimpinan polwan di Polri semakin progresif

“Kita mengapresiasi sekali dengan penunjukkan di posisi strategis untuk rekan-rekan polisi wanita. Semoga ini menjadi sinyal positifnya untuk kepemimpinan perempuan yang lebih progresif di tubuh Polri,” kata Andy.

Andy bahkan berharap ke depan akan ada polwan yang dipercaya mengemban amanah sebagai Kapolda.

“Dengan penunjukkan strategis ini, kita berharap makin banyak lagi polwan yang ditunjuk dalam posisi komando strategis, termasuk menjadi kapolda,” sambung dia.

Komnas Perempuan juga memupuk harapan agar rekrutmen polwan ditingkatkan dari sisi kuantitas. Menurutnya sosok polwan dibutuhkan di banyak satuan kerja.

“Kita bisa berharap ada rekrutmen polwan yang lebih banyak, karena memang jumlah polwan masih sedikit dan dibutuhkan di banyak tempat,” jelas Andy.

Selain itu, Andy berharap kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang memperhatikan kesetaraan gender di Polri, juga dapat segera membentuk Direktorat Tindak Pidana Kekerasan Perempuan. Andy berharap dipromosikannya para polwan dalam jabatan strategis dan kenaikan pangkat menjadi sinyal positif ke arah pembentukan direktorat tersebut.

“Dan kami berharap ini juga sinyal positif direktorat khusus untuk penanganan kekerasan perempuan akan segera jadi. Direktorat ini sangat penting utk mengantisipasi pelaporan-pelaporan yang ada dari pelaksanaan UU TPKS, dan juga selama ini kita tahu ada upaya untuk memastikan akses keadilan bagi perempuan yang berhadapan dengan hukum,” ungkap Andi.


 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya