Comscore Tracker

Di Hari Ulang Tahunnya SBY Mengaku Kesepian Tanpa Ani Yudhoyono

SBY menggelar malam kontemplasi di Pendopo Cikeas

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidato kontemplasinya mengaku kesepian karena tepat di hari ulang tahunnya yang ke-70 SBY ditinggal dua wanita yang dicintainya. Ia pun mengenang mendiang sang ibunda tercinta Siti Habibah yang meninggal pada Jumat (30/9).

“Sepuluh hari yang lalu, sepuluh hari menjelang hari kelahiran saya ini, ibunda tercinta, yang melahirkan saya 70 tahun yang lalu, tepat tanggal 9 September 1949, telah dipanggil oleh Allah SWT,” kata SBY dalam acara memperingati HUT ke-18 Partai Demokrat, hari lahir SBY dan 100 hari kepergian Ani Yudhoyono di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9).

Rasa duka yang lain diungkapkan SBY karena di hari kebahagiaannya kali ini tanpa pelukan dari sang istri, Ani Yudhoyono.

“Ini adalah hari ulang tahun yang pertama, yang di tengah malam yang hening, tak ada lagi yang memeluk saya, seraya membisikkan kata-kata yang indah. ‘Selamat ulang tahun, Pepo. Happy birthday. Panjang usia, bahagia dan sukses selalu’,” ucap SBY lirih.

“Meskipun, istri tercinta Ani Yudhoyono, akan selalu berada di hati saya. Menyatu dengan memori indah, yang kami bangun selama 43 tahun bersamanya. Inilah kehidupan. Penuh paradox. Satu titik, dua sisi. Dua sisi dari satu mata uang logam. Kodrat keseimbangan dalam domain kekuasaan Tuhan. Semua hukum kehidupan ini, hadir dan kita rasakan hari ini. Paling tidak untuk diri saya secara pribadi,” sambungnya.

Baca Juga: Ulang Tahun SBY Bertepatan 100 Hari Sang Istri dan 10 Hari Sang Ibu 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya