Ditegur Soal SIPI, Sandiaga Takut Ditenggelamkan Susi Pudjiastuti

Sandiaga berterima kasih atas respons cepat Menteri Susi

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno tak mempermasalahkan teguran dari Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti lantaran dianggap ngawur mengeluarkan pernyataan seputar surat izin penangkapan ikan atau SIPI. Teguran itu disampaikan Susi di kantornya, Gambir, Jakarta, pada Rabu (17/10).

“Bu Susi udah ditenggelamkan belum saya? Kalau belum ditenggelamkan, belum dijawab lah, Tunggu sampai 'saya tenggelamkan kamu',” kata Sandiaga Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan (18/10).

Sebelumnya, pernyataan Sandiaga soal nelayan yang berbuntut panjang itu dimulai ketika dia blusukan di Indramayu pada Rabu (10/10) lalu.

Pernyataan Sandiaga itu muncul akibat adanya keluhan dari nelayan saat dia menyambangi tempat pelelangan ikan di Karangsong, Indramayu.

Di sana, Sandiaga menemui nelayan yang mengeluhkan soal surat perizinan penangkapan ikan. Para nelayan mengeluhkan tidak dapat melaut diakibatkan oleh birokrasi yang rumit.

Merespons hal itu, Sandiaga mengatakan kubunya tak akan mempersulit perizinan soal penangkapan ikan bila mereka menang dalam kontestasi pemilihan presiden 2019. Bahkan, ia berjanji birokrasi akan dipangkas. "Prabowo-Sandi tidak akan melupakan jasa nelayan," ujarnya.

Terhadap ucapan itu, Susi mengatakan Sandiaga lebih baik mempelajari SIPI dulu ketimbang asal-asalan berkomentar. Ia juga mengingatkan Sandiaga untuk berhati-hati berpendapat dengan berkaca pada kasus hoaks operasi plastik Ratna Sarumpaet.

1. Sandi berterima kasih kepada Susi karena sudah menegurnya

Ditegur Soal SIPI, Sandiaga Takut Ditenggelamkan Susi PudjiastutiMenteri Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menanggapi dengan santai, bahkan Sandi berterima kasih kepada Susi. Ia mengaku sudah mengirim pesan singkat ucapan terima kasihnya

“Saya justru berterima kasih bu Susi cepet banget responsnya,” ucap Sandi.

“Tapi seru sih kalau lihat reaksi dari Bu susi, saya WA dia, justru (saya) berterima kasih sama Bu Susi, ‘bu makasih ya sudah ditanggepin dengan cepet’,” paparnya.

Baca Juga: Untuk Anies, Sandiaga: Gimana Jomblo Enak Gak?

2. Sandi terima seruan Susi untuk belajar soal kebijakan perikanan

Ditegur Soal SIPI, Sandiaga Takut Ditenggelamkan Susi PudjiastutiSusi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Mengenai seruan Susi yang minta Sandi belajar UU dan Kebijakan Perikanan, Sandi mengaku akan mulai mempelajarinya. Sambil berkelakar Sandi enggan ditenggelamkan.

“Bagus, nanti. Ini lagi mulai belajar ya. Asal gak ditenggelamkan ajalah,” kelakar Sandi.

3. Sandi klaim sudah kantongi data soal perikanan

Ditegur Soal SIPI, Sandiaga Takut Ditenggelamkan Susi PudjiastutiIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski begitu, Sandi mengaku sudah mengantongi data soal perikanan, bahkan data tersebut ia peroleh langsung dari jajaran Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Tapi kita punya data-datanya semua kita lengkap dan orang-orang Bu Susinya juga yang kasih ke kita. Kan saya dekat sama Bu Susi,” ujar Sandi.

Baca Juga: Deretan 'Perseteruan' Menteri Susi dengan Sandiaga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya