Comscore Tracker

Diusung 7 Partai, Keponakan SBY Daftar Peserta Pilkada Pacitan

Berkas Aji-Gagarin diperiksa selama 3 jam

Jakarta, IDN Times - Indrata Nurbayuaji yang merupakan keponakan dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, resmi mendaftarkan diri bersama pasangan politiknya, Gagarin dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati itu diusung 7 partai yakni Demokrat, Golkar, PPP, PKS, Gerindra, Hanura, dan NasDem.

1. Berkas Aji-Gagarin diperiksa 3 jam

Diusung 7 Partai, Keponakan SBY Daftar Peserta Pilkada PacitanPekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mengenakan setelan pakaian sewarna dengan bawahan gelap dan atasan putih yang dikombinasi masker warna hitam bertuliskan "Aji-Gagarin 1", pasangan muda ini mantab melangkah menyerahkan satu paket berkas formulir pendaftaran calon kepala daerah kepada lima komisioner KPU Pacitan.

Proses pemeriksaan kelengkapan berkas berlangsung kurang lebih tiga jam sampai akhirnya tim verifikator melalui Komisioner KPU Pacitan menyatakan keseluruhan berkas pendaftaran Aji-Gagarin memenuhi syarat (MS).

Baca Juga: SBY: Indonesia Hadapi Krisis Kembar, Tapi Badai Pasti Berlalu

2. Aji-Gagarin optimistis menang

Diusung 7 Partai, Keponakan SBY Daftar Peserta Pilkada PacitanSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Aji mengaku bersyukur tahapan penyerahan berkas pendaftaran berjalan lancar. Ia berharap, awalan yang baik ini bisa mengilhami kemenangan absolut di Pilkada Pacitan, 9 Desember mendatang.

"Insyaallah kami optimistis dalam perhelatan pilkada 9 Desember nanti kami akan menang. Karena kami tidak sendirian. Kami bersama 13 partai politik, yakni 7 parpol pengusung dan 6 parpol pendukung yang siap memenangkan pilkada nanti," kata Aji dikutip ANTARA, Sabtu (5/9/2020).

3. Aji-Indrata bukan wajah baru di Pacitan

Diusung 7 Partai, Keponakan SBY Daftar Peserta Pilkada PacitanSeorang pemilih disabilitas netra memasukkan surat suara ke dalam kotak saat Pemilihan Gubernur Sumut 2018 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Aji atau Indrata Nurbayuaji sendiri bukan nama asing di Kabupaten Pacitan. Anggota DPRD Pacitan periode 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024 dari Partai Demokrat itu merupakan keponakan SBY.

Aji merupakan bungsu enam bersaudara dari pasangan Soedjono-Sumiyem, sepupu Presiden SBY yang tinggal di rumah induk keluarga besar di lingkungan Blumbangan, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Sementara Gagarin merupakan politisi Partai Golkar asal Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Latar belakang politisi bertubuh tinggi besar ini adalah pengusaha sekaligus pedagang ternak sapi.

Kendati dari lingkungan keluarga biasa, Gagarin cukup populer. Ia dikenal memiliki basis massa kuat karena keluwesannya dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan.

Baca Juga: Pilkada Pacitan, Keponakan SBY Resmi Daftar ke KPU

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya