Comscore Tracker

Doni Monardo: Angka Kasus Aktif COVID-19 Turun dari 25 ke 23,6 Persen

Indonesia juga menekan angka kematian menjadi 3,9 persen

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan, sementara angka kesembuhan berangsur naik.

“Angka kasus aktif minggu ini berkurang dari minggu sebelumnya, dari 25 persen menjadi 23,6 persen dari total kasus terkonfirmasi nasional,” kata Doni dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang disiarkan langsung di TVR Parlemen, Selasa (22/9/2020).

1. Angka aktif nasional di bawah angka aktif global

Doni Monardo: Angka Kasus Aktif COVID-19 Turun dari 25 ke 23,6 PersenKepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sementara itu, angka kesembuhan terus naik. Dan kabar baiknya, kasus aktif nasional di bawah kasus aktif global.

“Angka kasus aktif nasional ini juga di bawah angka kasus aktif global 23,9 persen, angka kesembuhan kita terus naik menjadi 75,5 persen,” ujarnya.

Baca Juga: Wabah COVID-19, Doni Monardo: Bersiap untuk Jangka Waktu yang Panjang 

2. Indonesia menekan angka kematian menjadi 3,9 persen

Doni Monardo: Angka Kasus Aktif COVID-19 Turun dari 25 ke 23,6 PersenProses pamakaman di TPU Pondok Ranggon (IDN Times/Fiqih Damar dan Aldila Muharma)

Doni juga menjelaskan, saat ini Indonesia berhasil menekan angka kematian menjadi 3,9 persen dari awal kasus terjadi mencapai lebih dari 9 persen.

“Dan kita berharap angka kematian yang terjadi secara fisik pun harus kita bisa tekan sebanyak-banyaknya berkurang sehingga tidak ada lagi korban jiwa yang terjadi di Tanah Air,” ujarnya.

3. Angka kesembuhan di atas rata-rata global

Doni Monardo: Angka Kasus Aktif COVID-19 Turun dari 25 ke 23,6 PersenIlustrasi tes usap atau swab test. IDN Times/Bagus F

Doni menyebut angka kesembuhan pasien virus corona di Indonesia saat ini berada di atas rata-rata global. Meski begitu, dia mengatakan pihaknya tidak akan puas diri terkait pencapaian ini.

“Angka kesembuhan nasional saat ini juga bisa kita pertahankan di atas rata-rata global 73 persen, hanya angka kematian kita yang masih sedikit di atas kata global yakni 3,1 persen ini sangat fluktuatif. Hari ini kita berada di atas global, tetapi kalau kita lengah saja sedikit, kita bisa di bawah global, demikian juga angka kasus atau konfirmasi positif sangat fluktuatif setiap harinya,” kata dia.

Baca Juga: Doni Monardo: COVID-19 Seperti Malaikat Pencabut Nyawa

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya