DPR Bacakan Surpres, Idham Azis Jalani Uji Kepatutan Kapolri Pekan Ini

DPR bacakan surat presiden pengangkatan Kapolri hari ini

Jakarta, IDN Times - Rapat paripurna anggota DPR RI akan membacakan Surat Presiden (Surpres) tentang penetapan penunjukan Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Sedangkan, agenda paripurna hari ini berkaitan penetapan nama-nama anggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan mitra kerja komisi.

"Kemudian ada beberapa surat yang dibahas berdasarkan Bamus kemarin memberikan informasi kepada rapat paripurna, termasuk surat tentang penetapan penunjukan Kapolri oleh Presiden," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10).

Baca Juga: IPW: Proses Pencalonan Idham Azis Jadi Kapolri Tidak Lazim

1. Uji kepatutan dan kelayakan akan dilaksanakan Komisi lll

DPR Bacakan Surpres, Idham Azis Jalani Uji Kepatutan Kapolri Pekan IniIDN Times/Axel Jo

Terkait mekanisme uji kepatutan dan kelayakan Kapolri selanjutnya, akan diserahkan kepada Komisi III sebagai mitra kerja Polri.

"Nanti kita akan bacakan dan kemudian pengesahan Komisi III," ujar Dasco.

2. Uji kepatutan dan kelayakan kemungkinan digelar pekan ini

DPR Bacakan Surpres, Idham Azis Jalani Uji Kepatutan Kapolri Pekan IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Dasco menyebut fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri, kemungkinan dilakukan pekan ini. Namun, ia tetap menyerahkan mekanismenya pada Komisi III.

"Ya itu tergantung mekanisme di Komisi III. Kalau Komisi III memang telah memutuskan akan menggelar pada pekan ini, ya itu bisa saja terjadi," ujar politikus Partai Gerindra itu.

3. Idham Azis dinilai sosok yang tepat menjadi Kapolri

DPR Bacakan Surpres, Idham Azis Jalani Uji Kepatutan Kapolri Pekan IniANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia

Dasco menilai, Idham sosok yang tepat menjadi Kapolri, karena memiliki kemampuan dan kapabilitas sebagai orang nomor satu di kepolisian.

"Ya kalau saya sebagai pribadi itu melihat sosok Pak Idham Azis memang sudah tepat untuk dicalonkan sebagai Kapolri, baik dari segi angkatan, kapabilitas, dan kemampuan bekerja yang selama ini sudah kita lihat secara bersama-sama," ujar dia.

Baca Juga: DPR Terima Surat Presiden Jokowi, Angkat Idham Aziz Jadi Kapolri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya