DPR Dukung KSAD Pecat Prajurit Terlibat Perusakan Polsek Ciracas 

Sanksi pemecatan sebagai amanat konstitusi Pidana Militer

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung sanksi yang akan diberikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa kepada anak buahnya yang merusak Markas Kepolisian Sektor Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8/2020).

“Saya apresiasi sikap tegas dari Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD, yang memberikan sanksi terberat yaitu pemecatan kepada anak buahnya jika terbukti terlibat,” Kata Azis Syamsuddin dikutip ANTARA, Senin (31/08/2020).

1. Sanksi pemecatan tanda keseriusan menegakkan hukum

DPR Dukung KSAD Pecat Prajurit Terlibat Perusakan Polsek Ciracas Mapolsek Ciracas (ANTARA News/Andi Firdaus)

Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu mengatakan, sikap tegas KSAD adalah bentuk kooperatif dalam menjalankan tugas dalam amanat konstitusi.

“Itu bukti bahwa beliau serius membenahi kesatuannya dan tidak mentolerir perilaku yang tidak tepat dan salah di bawah komandonya, di mana mekanismenya diatur pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer,” ujar Azis.

2. Azis mengimbau saksi memberikan informasi yang benar

DPR Dukung KSAD Pecat Prajurit Terlibat Perusakan Polsek Ciracas (Pimpinan DPR Puan Maharani (kanan) dan Aziz Syamsuddin (kiri) memimpin rapat paripurna ke-4 masa persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Politisi Partai Golkar itu mengimbau masyarakat yang dirugikan dari aksi perusakan turut membantu aparat dengan memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Sebab, ada kebohongan dalam kesaksian pelaku penyebab kerusuhan.

"KSAD sudah secara tegas mengatakan bahwa akan menjamin keselamatan masyarakat yang memberikan informasi mengenai peristiwa itu, masyarakat jangan khawatir untuk memberikan informasi tersebut, justru informasi-informasi tersebut sangat penting dalam mengusut para oknum yang terlibat," kata Azis.

3. Azis berharap kerusuhan oleh aparat TNI tidak terulang lagi

DPR Dukung KSAD Pecat Prajurit Terlibat Perusakan Polsek Ciracas Suasana pasca-penyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu, (29/8/2020). Polsek Ciracas dikabarkan diserang oleh sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8) dini hari. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Azis berharap dengan peran serta masyarakat, kejadian serupa tidak lagi terulang di masa mendatang. Perilaku oknum TNI AD di tengah masyarakat jangan sampai menjadi sesuatu yang menakutkan. Sebaliknya, para prajurit harus memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat.

“Jadikan peristiwa itu sebagai sebuah evaluasi di internal TNI AD. Transparansi yang dilakukan KSAD Andika Perkasa adalah langkah positif bahwa yurisdiksi Peradilan Militer terbuka dan tidak memiliki kekebalan hukum terhadap para prajurit yang salah,” ujar Azis.

Baca Juga: Usai Diserang dan Dirusak, Begini Kondisi Terkini Mapolsek Ciracas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya