DPR Gelar Rapat Paripurna Penetapan Anggota Fraksi AKD Hari Ini

Fraksi PDIP, PAN, dan Partai Demokrat belum menyerahkan nama

Jakarta, IDN Times - DPR RI akan menggelar rapat paripurna untuk menetapkan nama-nama anggota fraksi dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan menetapkan mitra kerja komisi-komisi yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Rapat paripurna akan digelar di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10) pukul 14.00 WIB.

1. Tiga fraksi belum menyerahkan nama

DPR Gelar Rapat Paripurna Penetapan Anggota Fraksi AKD Hari IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Tiga fraksi DPR RI belum menyerahkan nama-nama AKD. Ketiga fraksi yang belum menyerahkan nama-nama pimpinan AKD adalah Fraksi PDIP, PAN, dan Partai Demokrat.

"Janjinya sih paling lambat besok pagi (hari ini). Karena paripurnanya kan jam 14.00 WIB," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

2. PDIP tinggal menyerahkan nama ke pimpinan DPR RI

DPR Gelar Rapat Paripurna Penetapan Anggota Fraksi AKD Hari IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Ketua F-PDIP DPR Utut Adianto menyebut nama-nama pimpinan AKD dari fraksinya tinggal diserahkan kepada pimpinan DPR.

"Kan semua di paripurna besok. Kalau ini kan ditunggu sampai jam 19.00 WIB malam. Kalau fraksi kami sebenarnya sudah siap, tinggal ditaruh saja," kata Utut di lokasi yang sama.

Berdasarkan kesepakatan, PDIP mendapatkan jatah Ketua Komisi III, Ketua Komisi IV, Ketua Komisi V, Ketua Banggar (Badan Anggaran), dan 11 wakil ketua. Namun Utut belum mau menyampaikan siapa saja nama-nama yang akan mengisi posisi tersebut.

"Yang berhak ngumumin Bu Ketua DPR. Wah itu bukan kewenangan saya. Tapi kan tentu sudah ada di tangan Ibu Ketua," ujarnya.

Baca Juga: Keterlibatan Perempuan di DPR Tembus Angka 20 Persen

3. PAN tinggal menyerahkan nama

DPR Gelar Rapat Paripurna Penetapan Anggota Fraksi AKD Hari IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Sementara itu, Sekretaris F-PAN DPR Yandri Susanto mengatakan nama-nama pimpinan AKD DPR dari fraksinya sudah difinalisasi tadi malam. Nama-nama itu akan diserahkan dalam rapat paripurna hari ini.

"Besok (hari ini) akan kita serahkan sebelum rapat paripurna," ucap Yandri saat diwawancara terpisah.

PAN mendapatkan jatah Ketua Komisi VIII, Wakil Ketua Komisi III dan VII, serta Wakil Ketua BURT (Badan Urusan Rumah Tangga), MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan), dan BKSAP (Badan Kerja Sama Antar-Parlemen). Sama dengan Utut, Yandri juga belum mau menyebutkan nama-nama pimpinan AKD dari PAN.

"Jadi ini sedang dikonsultasikan sama Ketua Umum DPP PAN, insyaallah malam ini selesai. Nah orang-orangnya ya saya kira nanti nama-nama yang cukup tenar di Fraksi PAN itu yang akan mengisi lah," tuturnya.

Baca Juga: Dapat 9 Kursi Pimpinan Fraksi, Ini Susunan AKD DPR RI dari PKB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya