Comscore Tracker

DPR RI: Dana Otsus Harus Sejalan dengan UU Cipta Kerja

Jokowi siapkan Rancangan Peraturan Pemerintah

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo saat ini sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah untuk pelaksanaan dari UU Cipta Kerja, termasuk yang akan disinkronkan pada pelaksanaan UU berkaitan dengan Otonomi Khusus (Otsus).

Hal itu disampaikannya saat bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam rangkaian kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (27/11/2020).

"Mudah-mudahan bisa menjadi kemajuan bagi bangsa dan negara,” kata Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) DPR itu lewat keterangan tertulisnya, Jumat (27/11/2020).

1. Implementasi Otsus harus sejalan dengan UU Cipta Kerja

DPR RI: Dana Otsus Harus Sejalan dengan UU Cipta KerjaWakil Ketua DPR RI bertemu bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kamis (26/11/2020). Dok. DPR RI

Azis yang juga membidangi pengawasan Otsus menyampaikan, implementasi dana Otsus harus sejalan dengan UU Cipta Kerja yang baru disahkan pemerintah dan DPR. Ia berharap penggunaan dana Otsus bisa tepat guna untuk masyarakat.

"Kemudian bagaimana program dari pada otonomi khusus ini bisa berdaya guna bagi masyarakat, baik di tingkat kabupaten maupun kota," ujar Waketum DPP Golkar itu.

Baca Juga: Tampung Masalah UU Cipta Kerja, Mahfud MD Siap Bentuk Tim Kerja

2. DPR pastikan Otsus menyejahterakan masyarakat Yogyakarta

DPR RI: Dana Otsus Harus Sejalan dengan UU Cipta KerjaWakil Ketua DPR RI bertemu bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kamis (26/11/2020). Dok. DPR RI

Tim pengawas Otsus kata Azis, hadir guna menindaklanjuti UU Nomor 13 tahun 2012 mengenai DIY, Aceh, dan Papua.

“Bagaimana dalam konteks di DIY, implementasi Dana Istimewa DIY, apakah cukup baik dalam penggunaannya? Sudahkah berdaya guna dan dapat mensejahterakan masyarakat DIY," ujar Azis.

3. DPR berharap daerah penyangga bisa memajukan perekonomian Yogyakarta

DPR RI: Dana Otsus Harus Sejalan dengan UU Cipta KerjaPresiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X memberikan sambutan saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

Hadir dalam pertemuan itu sejumlah kepala daerah di DIY dan juga anggota DPR lintas Partai dari dapil Yogyakarta. Ia mengingatkan agar dana otsus memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini untuk kita menjadikan pegangan bagi daerah-daerah yang menjadi penyangga dalam hal ini kabupaten/kota yaitu dari Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan lain sebagainya juga Sleman yang mudah-mudahan bisa menjadi kemajuan bagi bangsa dan negara,”tukas dia.

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Tim Independen Serap Aspirasi Publik UU Ciptaker

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya