Draf UU Cipta Kerja Berubah Tiga Kali, DPR: Ada Penyempurnaan Redaksi

Penyempurnaan redaksi disepakati DPR dan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengonfirmasi soal draf UU Cipta Kerja menjadi 812 halaman. Ia mengatakan, selain ada perubahan format dari ukuran A4 ke legal, ada juga penyempurnaan substansi.

“Prinsipnya ada penyempurnaan redaksi juga, prinsip harus disepakati oleh kedua belah pihak antara DPR dan pemerintah,” ujar Indra kepada IDN Times, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga: Ini Draf UU Cipta Kerja Versi 1.035 Halaman yang Siap Diteken Jokowi

1. Perubahan pasal karena ada catatan yang belum disempurnakan

Draf UU Cipta Kerja Berubah Tiga Kali, DPR: Ada Penyempurnaan RedaksiInfografik Draf UU Cipta kerja (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengenai temuan IDN Times terhadap tiga pasal yang mengalami perubahan dari versi draf 905 ke 1.035 halaman, menurut Indra, karena adanya catatan rapat sebelumnya yang belum disempurnakan.

“Semua kan ada catatan rapat sebelumnya, jadi prinsipnya bukan hal baru,” ujar Indra.

2. Draf versi 812 halaman akan disampaikan ke Presiden Jokowi

Draf UU Cipta Kerja Berubah Tiga Kali, DPR: Ada Penyempurnaan RedaksiPresiden Jokowi memberikan keterangan pers soal UU Cipta Kerja (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Indra memastikan draf UU Cipta Kerja versi 812 halaman ini merupakan draf final yang akan disampaikan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, 14 Oktober 2020.

“Iya (versi 812 halaman akan disampaikan ke Presiden,” kata dia.

3. Draf UU Cipta Kerja berubah tiga kali

Draf UU Cipta Kerja Berubah Tiga Kali, DPR: Ada Penyempurnaan RedaksiIlustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Draf Undang-Undang Cipta Kerja berubah tiga kali setelah disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Senin, 5 Oktober 2020. Draf pertama yang dibagikan Badan Legislasi berjumlah 905 halaman dan berubah menjadi 1.035 halaman.

Teranyar, draf tersebut berubah lagi menjadi 812 halaman. Perubahan tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pada Senin, 12 Oktober 2020 malam.

 

Mau unduh draf UU Cipta Kerja versi terbaru 812 halaman? Klik di sini

Baca Juga: Draf UU Cipta Kerja Berubah Lagi Jadi 812 Halaman, Begini Alasan DPR

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya