2 Kelompok KKB Bersatu Saat Serang Koramil Suru-suru, Total 20 Orang 

Seorang prajurit TNI tewas ditembak dan satu luka bacokan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom mengatakan, terdapat 20 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat menyerang Koramil Suru-suru pada Sabtu (20/11/2021).

Saat peristiwa penyerangan, terdapat dua kelompok KKB yang bersatu dan menyerang Koramil Suru-suru. Mereka adalah kelompok Tendius Gwijangge dan Egianus Kogoya.

“Kodap tiga Ndugama memang ada kirim anggota TPNPB untuk perkuat Kodap 16 Yahukimo, dan itu benar. Karena District Suru-suru adalah wilayah perbatasan Ndugama dan Yahukimo,” ujar Sebby kepada IDN Times, Kamis (21/11/2021).

1. KKB kerahkan 20 dari ratusan anggota saat menyerang Koramil Suru-suru

2 Kelompok KKB Bersatu Saat Serang Koramil Suru-suru, Total 20 Orang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, sebenarnya jumlah kedua kelompok KKB tersebut saat bergabung mencapai ratusan orang. Namun saat menyerang Koramil Suru-suru, KKB hanya mengerahkan 20 anggotanya.

“Ya, pasukan TPNPB gabungan, artinya anggota pasukan TPNPB dari Kodap tiga Ndugama mendukung TPNPB Kodap 16 Yahukimo, jadi itu benar. Itu (20) anggota hanya yang maju depan dan beraksi, Namun di belakang banyak anggota pasukan TPNPB, mereka ada lebih dari 100 personel,” ujar Sebby.

Baca Juga: TNI: KKB Tendius Gwijangge Pelaku Penyerangan Koramil Suru-suru 

2. Penyerangan dilakukan menjelang ulang tahun Papua Merdeka

2 Kelompok KKB Bersatu Saat Serang Koramil Suru-suru, Total 20 Orang Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Sebby Sambom. (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Cristian Irreuw mengatakan, pelaku penyerangan terhadap Koramil Suru-suru adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Menurut dia, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan kepada personel untuk bersiaga dan meningkatkan patroli.

"Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka," kata Dandim Yahukimo Letkol Inf Irreuw dikutip ANTARA, Minggu (21/11/2021).

3. TNI sebut KKB menyerang Posramil dengan jumlah banyak

2 Kelompok KKB Bersatu Saat Serang Koramil Suru-suru, Total 20 Orang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Irreuw menjelaskan, akibat peristiwa pengerangan itu, terdapat dua prajurit TNI yang menjadi korban. Salah satunya tewas dan seorang lainnya mengalami luka tembak dan luka bacok.

Kejadian dimulai pukul 06.00 WIT, KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Menurut Irreuw, baku tembak terjadi hingga pukul 12.00 WIT.

"Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti," kata Irreuw.

Dua personel, termasuk seorang di antaranya yang gugur, telah dievakuasi dari Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua dengan pesawat milik Semuwa Air.

Setelah tiba di bandara Sentani, jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya, selanjutnya dibawa ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah. Sementara itu, Kapten Inf. Arviandi yang menjabat Komandan Koramil Suru-suru akan dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.

Baca Juga: KKB Serang Koramil Suru-suru Yahukimo, Satu Prajurit Tewas Tertembak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya