Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi Pengangguran

Sandiaga pernah terpuruk dalam bisnis yang pernah ia tekuni

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memiliki rahasia di balik kesuksesan bisnisnya. Rahasia tersebut ia ungkap ke para pengusaha yang baru memulai bisnisnya.

“Saya sebagai mantan pengangguran, saya dulu pengangguran juga pernah di-PHK. Saya betul-betul merasa sudah diberikan Allah SWT nikmat yang luar biasa,” kata Sandiaga dalam diskusi bertema Penciptaan Lapangan Kerja OKE OCE Prasasti di Pesanggrahan, Jakarta Barat, Rabu (12/12).

Lalu apa rahasia Sandiaga bisa sekses hingga sekarang ini?

Baca Juga: Sandiaga Blusukan ke Pasar Labusel, Pedagang Bikin Spanduk 'Pulanglah'

1. Salat duha untuk melancarkan rezeki

Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi PengangguranInstagram.com/@sandiuno

Di depan puluhan pengusaha, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkap rahasianya bisa sukses seperti sekarang ini.

“Kalau memulai usaha jatuh, bangun, jatuh, bangun, ada satu rahasia. Mungkin ada ibu-ibu yang punya usaha ya? Atau yang belum punya yang usaha tapi ingin punya usaha, angkat tangan? Ada beberapa ya? Salah satu yang luar biasa dampaknya adalah salat duha kalau untuk urusan rezeki, ya,” ungkap Sandiaga.

2. Mukjizat salat duha, rezeki Sandiaga mengalir

Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi PengangguranDok. IDN Times/Istimewa

Sandiaga menyarankan untuk istikomah mengerjakan salat duha. Terbukti, ia mengaku rezekinya terus mengalir tak henti-hentinya berkat salat duha yang ia kerjakan setiap pagi.

“Jadi kalau kita amalkan tiap hari rutin tambah-tambah terus itu kaya rezeki, kaya gak berhenti-henti mengalir ke kita. Ditimpukin terus rezeki sama Allah. Betul, saya pengalaman dan salat duha itu miracle, pak. Sampai sekarang saja saya melihat lagi kampanye begini. Memang belum ada pengusaha besar memberikan dukungan dan sebagainya. Di tiap titik kemarin saya datang ke Sumatera dikasih uang. Ini nih udah berubah politik kita, bukan bagi yang nyalon kasih uang ke bapak, nyawer. Di balik, dari bawah sekarang,” ungkap Sandi.

Semua itu, kata Sandiaga, karena berkah dari salat duha yang selama ini ia kerjakan setiap hari. “Menurut saya ini karena zaman of power salat duha. Kalau kita laksanakan salat duha Insyaallah bukan kita cari rezeki, tapi rezeki yang terbirit-birit kejar kita. Percaya? Percaya,” lanjut Sandi.

3. Sandiaga mengingatkan untuk baca doa salat duha

Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi PengangguranIDN Times/Irfan Fathurohman

Selesai salat duha, kata Sandiaga, jangan lupa membaca doa. Karena semua rezeki datangnya dari Allah SWT. “Salat duha itu kan kita berusaha, tapi rezeki itu milik Allah."

"Jadi karena rezeki itu doa, seperti itu kan, duha itu milik Allah, kekuatan duha milik Allah dan sebagainya. Jadi kita berdoa nya bahwa kalau rezeki kita masih di atas langit, turunkan lah. Kalau masih di dalam bumi, keluarkanlah. Masih jauh, dekatkan lah. Masih sukar, mudahkan lah. Kalau masih haram, halalkan lah,” dia melanjutkan.

4. Sandiaga ungkap jatuh bangunnya dalam berbisnis yang ia jalani

Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi PengangguranIDN Times/Irfan Fathurohman

Tak hanya salat duha, Sandiaga juga menceritakan bagaimana dirinya pernah bangkit dari keterpurukan. Bisnis yang pernah ia tekuni mengalami kerugian, namun akhirnya mampu menyerap banyak tenaga kerja.

“Saya pengalaman dari usaha cuma tiga orang karyawan, jatuh, bangun, jatuh, bangun, proposal ditolak saya antar sendiri. Alhamdulillah usaha tersebut sekarang membuka lowongan pekerjaan bagi 30.000 karyawan,” kata dia.

5. Sandiaga merelakan hartanya untuk ongkos kampanye Pilpres 2019

Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Berbisnis Setelah Jadi PengangguranIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandiaga juga mengaku, saat ini dirinya tengah berjuang untuk dunia politiknya. Ongkos kampanye yang mahal, membuat dirinya harus menjual beberapa sahamnya.

“Alhamdulillah sekarang ke politik, saya mulai jual-jual saham saya, bagi saya ini titipan Allah, saya diminta untuk berjuang di kancah demokrasi kita, tentunya ingin mempersatukan,” pungkas Sandi.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur Tanpa Utang? Begini Cara Berpikir Sandiaga

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya