Comscore Tracker

Erick Thohir Berpeluang Besar Jadi Menteri Jokowi-Ma’ruf Amin

Erick dari kalangan profesional

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, mengatakan bahwa sosok yang pas untuk menjadi menteri di kabinet periode kedua Jokowi adalah mereka yang telah ‘berkeringat’ saat Pilpres kemarin.

Hal ini diamini peneliti Joko “Jokowi” Widodo, Andi Zulkarnain. Bahkan Andi menilai orang yang paling tepat mengisi kursi menteri Jokowi nanti adalah Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN).

"Erick Thohir membuktikan diri bagus sebagai pebisnis dan juga sukses memimpin TKN, jadi dia cocok menjadi menteri yang berkaitan dengan perekonomian atau perdagangan," kata Andi Zulkarnain dilansir dari kantor berita Antara, Rabu (31/7).

1. Erick Thohir dari kalangan profesional

Erick Thohir Berpeluang Besar Jadi Menteri Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Irfan Fathurohman

Pengamat Komunikasi dan Politik Nasional Dr. Emrus Sihombing mengatakan Erick Thohir berpotensi untuk mengisi kursi menteri kabinet kerja Presiden terpilih Joko Widodo jilid II dari kalangan profesional.

“Saya kira Erick Thohir orang yang kompeten dan memiliki integritas tinggi,” ujar Emrus kepada IDN Times, Rabu (31/7).

Baca Juga: Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019

2. Erick berhasil menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin

Erick Thohir Berpeluang Besar Jadi Menteri Jokowi-Ma’ruf AminANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Nama Erick Thohir, menurut Emrus, sangat mungkin diperhitungkan setelah berhasil mengantarkan Jokowi menjadi pemenang Pemilu Presiden 2019.

Erick Thohir diberi kepercayaan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf dan kepercayaan tersebut dibalas dengan hasil yang memuaskan.

3. Erick akan sulit menolak tawaran Jokowi

Erick Thohir Berpeluang Besar Jadi Menteri Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Prayugo Utomo

Emrus mengatakan Erick bukan sosok yang ambisius dan bisa jadi Erick tidak terlalu menginginkan kursi menteri, mengingat reputasi dan kesibukannya di dunia bisnis sudah lebih dari cukup.

“Tapi ya kalau Bapak Presiden yang meminta, saya kira agak sulit bagi dia (Erick) untuk menolak, karena kan ini tugas negara,” tambah Emrus.

4. Kalaupun menolak, Jokowi akan mendengarkan masukan nama dari Erick

Erick Thohir Berpeluang Besar Jadi Menteri Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski menurut pengamatan Erick belum tentu mau bila ditawarkan kursi menteri, Emrus yakin bahwa Jokowi akan mendengarkan setiap saran nama-nama menteri dari Erick.

“Tapi saya yakin betul bahwa Erick akan memberi masukan kepada Jokowi untuk siapa nama-nama yang duduk di kementerian, dan saya yakin Jokowi juga akan mendengarkan, secara Erick kemarin sukses jadi Ketua TKN,” ujar Emrus.

Untuk diketahui, Erick Thohir adalah pengusaha di bidang media dan hiburan. Beberapa media miliknya adalah radio Gen FM, Jak FM, stasiun televisi Jak TV, Harian Republika, dan banyak lagi.

Baca Juga: Setelah Jokowi Bertemu Prabowo, Kini Sandiaga Uno Bertemu Erick Thohir

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya