Comscore Tracker

Erupsi Gunung Semeru, BNPB Kirimkan Bantuan Senilai Rp1,1 Miliar

13 orang meninggal dunia dalam erupsi Gunung Semeru

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan penanganan darurat usai erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, sebesar Rp1,1 miliar. Bantuan terdiri dari makanan siap saji 1.374 paket, lauk pauk 1.377 paket, selimut 2.000 lembar, matras 900 lembar, masker KF 94 20.000 pcs, serta dua unit tenda pengungsi.

“Sementara itu, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto telah tiba di Bandar Udara Juanda, Surabaya, pada Minggu (5/12) pukul 08.00 WIB untuk memastikan penanganan darurat telah berjalan secara optimal,” cuit akun twitter @BNPB_Indonesia, Minggu (5/12/2021).

1. Kepala BNPB bertolak ke Lumajang memastikan penanganan darurat

Erupsi Gunung Semeru, BNPB Kirimkan Bantuan Senilai Rp1,1 MiliarKepala baru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen Suharyanto usai serah terima jabatan di gedung BNPB pada Rabu, 17 November 2021 (Dokumentasi BNPB)

Kunjungan Suharyanto ke Lumajang merupakan arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo guna memastikan tahap-tahap penanganan darurat. Khususnya, proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal serta kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.

“Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat. Dan tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal,” jelas Suharyanto.

Baca Juga: [UPDATE] Erupsi Gunung Semeru Sebabkan 13 Warga Meninggal 

2. BNPB sudah mengirimkan tim reaksi cepat

Erupsi Gunung Semeru, BNPB Kirimkan Bantuan Senilai Rp1,1 MiliarGunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Sebelumnya, BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat ke Lumajang. TIm tersebut diturunkan untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Jawa Timur dalam upaya penanganan darurat bencana guguran awan panas Gunung Semeru.

Selain itu, BNPB juga telah mengirimkan bantuan logistik dan peralatan seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, dan logistik dasar lainnya.

“BNPB terlebih dahulu sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kab. Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat dan logistik dasar lainnya,” jelas Suharyanto.

3. 13 orang meninggal dunia dalam erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru, BNPB Kirimkan Bantuan Senilai Rp1,1 MiliarGunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan awan panas guguran Gunung Semeru telah berdampak di enam desa yang berada di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Selain itu, sebaran abu vulkanik telah berdampak di 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan. Data sementara tersebut dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu (4/12/2021).

“Total 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut,” ujar Muhari lewat keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Gunung Semeru Masih Berstatus Waspada

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya