Fadli Zon Ungkap Alasan Gerindra Malas Lapor LHKPN

Masa kampanye jadi alasan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut tingkat kepatuhan fraksi Partai Gerindra di DPR RI melaporkan LHKPN periode 2018 hanya 39,13 persen. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, pun angkat bicara menanggapi soal Fraksi Partai Gerindra disebut 'paling malas' melaporkan LHKPN kepada KPK.

Menurut Fadli, masa kampanye Pileg dan Pilpres 2019 membuat anggota Fraksi Gerindra tak sempat untuk melaporkan kepada KPK.

“Ya saya kira jangan dilihat dari soal itu ya. Saya tanya kepada kawan-kawan, pada dasarnya itu pada banyak (caleg Gerindra) di dapil sedang berjuang, mungkin terlambat mereka untuk mengisi laporan tersebut, tapi secara aktif kok sebetulnya mereka mau mengisi agak terlambat setelah kegiatan-kegiatan ini (kampanye) mungkin,” kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/4).

Baca Juga: Jelang Tenggat Waktu, Masih Ada 361 Anggota DPR Belum Lapor LHKPN

1. Fadli Zon pastikan Partai Gerindra mengimbau kadernya

Fadli Zon Ungkap Alasan Gerindra Malas Lapor LHKPNIDN Times/Irfan fathurohman

Namun demikian, Fadli memastikan partai Gerindra telah mengimbau kadernya di DPR untuk melaporkan LHKPN.

“Sudah diimbau saya kira sudah diimbau, tapi ini kan satu pelaporan yang aturannya juga baru dibuat bukan undang-undang lho ya. Undang-undang kalau gak salah di awal dan di akhir (jabatan),” ujar Fadli.

2. Gerindra usul LHKPN diintegrasikan dengan laporan pajak

Fadli Zon Ungkap Alasan Gerindra Malas Lapor LHKPNIDN Times/Daruwaskita

Lebih lanjut, Fadli Zon mengusulkan laporan LHKPN diintegrasikan dengan pajak. Menurutnya itu sangat efektif karena Fadli menilai politisi yang menang beda dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau yang tambahan setahun sekali ini kan aturan baru tahun 2016. Saya mengusulkan tahun depan jangan redundant, ke depan seharusnya diintegrasikan saja dengan pajak. Sehingga memudahkan, dan saya kira harus ada perbedaan perlakuan terhadap politisi yang menang bukan ASN,” ujar Fadli Zon.

“Mereka itu kan hanya lima tahunan siklus politiknya. Jadi seharusnya cukup di awal dan di akhir sesuai dengan undang-undang,” sambung Fadli.

3. Prabowo gencar perangi korupsi, Gerindra malah tak tertib?

Fadli Zon Ungkap Alasan Gerindra Malas Lapor LHKPNIDN Times/Fitria Madia

Ketidakpatuhan Gerindra itu pun tidak berbanding lurus dengan seruan Prabowo untuk memerangi korupsi. Menjawab hal itu, Fadli sebut belum ada kadernya yang terlibat korupsi dalam lima tahun ini.

“Tidak ada anggota yang terlibat kan dalam korupsi selama lima tahun ini, kan tidak ada. Satu pun tidak ada dari 73 anggota kan,” ucap Fadli.

4. Fadli sebut Gerindra malas lapor hanya persoalan administratif

Fadli Zon Ungkap Alasan Gerindra Malas Lapor LHKPNIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fadli menegaskan, Gerindra tetap menentang tindak korupsi. Menurutnya, Gerindra disebut KPK malas lapor LHKPN hanyalah masalah administratif yang menurutnya wajar di tahun politik.

“Ya dengan sendiri kita cegah (korupsi), kita mencegah. Kita tidak ada case yang seperti itu juga. Jadi ini masalah administratif saja dan saya kira masalah administratif itu biasalah apalagi di tengah situasi kampanye,” kata Fadli.

Baca Juga: Fadli Zon: Survei Puskaptis Sejalan dengan Riset BPN

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya