Comscore Tracker

Fakta Baru Kasus Narkoba Anji: Urine Positif Ganja hingga Barbuk Baru

Anji resmi jadi tersangka kasus penyalahgunaan narkotika

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Barat akhirnya menetapkan musisi EAP alias Anji sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar. Ia mengatakan saat ini pihaknya telah menaikkan status Anji.

"EAP alias Anji ditetapkan sebagai tersangka atas penyalahgunaan narkoba jenis ganja," ujar Ronaldo lewat keterangan tertulisnya, Selasa (15/6/2021).

1. Hasil tes urine Anji positif menggunakan ganja

Fakta Baru Kasus Narkoba Anji: Urine Positif Ganja hingga Barbuk BaruKapolres Cimahi AKBP Yoris Maulana menunjukkan tumbuhan ganja saat penggerebekan ladang ganja di kawasan hutan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/7/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Sebelumnya musisi Anji telah menjalani pemeriksaan baik kesehatan maupun urine pada Senin (14/6/2021). Dalam Pemeriksaan kesehatan tersebut Anji dinyatakan sehat, hasil swab antigen menunjukan negatif COVID-19.

Sementara tes urine, Anji positif mengandung senyawa Tetrahydrocannabinol (THC) atau zat ganja. Tim Klinik Urusan Kesehatan (Urkes) Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat juga telah menerima hasil dari laboratorium forensik Manes Polri tentang barang bukti yang ditemukan merupakan narkoba jenis ganja

"Artinya dari hasil urine EAP alias Anji positif THC dengan barang bukti yang ditemukan adalah jenis narkoba ganja jadi selaras yang bersangkutan menggunakan atau mengonsumsi narkoba jenis ganja,”ucapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Benarkan Musisi AN yang Terjerat Narkoba Adalah Anji

2. Polisi temukan lokasi barang bukti baru berupa ganja milik Anji di Bandung

Fakta Baru Kasus Narkoba Anji: Urine Positif Ganja hingga Barbuk BaruILUSTRASI. Satuan Narkoba Polres Cimahi membawa tumbuhan ganja saat penggerebekan ladang ganja di kawasan hutan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/7/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc

Teranyar, Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menemukan barang bukti baru milik Anji selain di kediamannya di Cibubur. Hal tersebut terungkap dalam pengembangan kasus.

“Kami juga melakukan pengembangan jadi ada 2 lokasi ditemukan barang bukti, yang pertama di Cibubur kemudian dikembangkan ditemukan kembali barang bukti ganja di Bandung,” kata Ronaldo.

3. Anji ditangkap di studionya di Cibubur

Fakta Baru Kasus Narkoba Anji: Urine Positif Ganja hingga Barbuk BaruIlustrasi tahanan. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, Anji ditangkap di studio pribadinya, di Cibubur pada Jumat (11/6/2021). Saat ditangkap, Anji hanya seorang diri di studio tersebut dengan barang bukti yang berhasil diamankan Polres Metro Jakarta Barat.

“Yang bersangkutan kooperatif saat pemeriksaan,” ujar Ronaldo.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan pihaknya menemukan narkotika jenis ganja dan banyak barang bukti lainnya. Barang bukti tersebut dibawa ke kantor polisi untuk proses investigasi lebih lanjut.

Namun, Ady belum mau menyebutkan secara rinci barang bukti apa saja yang diamankan.

"Nanti lengkapnya akan saya sampaikan saat rilis termasuk barbuk yang cukup beragam dan cukup banyak yang akan nanti kita rilis lengkap," kata Ady.

4. Anji pernah cuit soal narkoba

Fakta Baru Kasus Narkoba Anji: Urine Positif Ganja hingga Barbuk BaruCuitan musisi Anji soal narkoba pada 2013 di akun twitter pribadinya. (twitter.com/duniamanji)

Terkait narkoba, Anji pernah menuliskan curhatan soal pemakaian narkoba pada tahun 2013. Anji mengaku lebih baik seseorang menggunakan narkoba sendiri karena hanya akan merugikan diri sendiri daripada melakukan sesuatu yang membuat orang lain terbunuh.

Cuitan itu pun kini kembali ramai diperbincangkan oleh warganet. Alhasil, cuitan tersebut memiliki 508 komentar dan 398 retweet.

"Gue lebih baik orang make narkoba sendiri, ngerugiin diri sendiri. Dibanding yang melakukan sesuatu, yang mengakibatkan orang terbunuh," tulis Anji di akun twitter pribadinya @duniamanji pada 25 Maret 2013.

Baca Juga: Polisi Temukan Senyawa THC dalam Urine Musisi Anji

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya