Fenomena Langka, Tanah Terbelah di Depok

Tanah terbelah itu memanjang hingga 5 meter

Jakarta, IDN Times - Sebuah fenomena langka terjadi di permukiman warga di Kampung Pedurenan, RT 02/08 Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Tanah di kampung ini terbelah. 

Apa yang terjadi? 

1. Menurut warga, tanah terbelah setelah hujan deras

Fenomena Langka, Tanah Terbelah di Depokpixabay.com/diego_torres

Menurut penuturan warga, kemunculan tanah terbelah itu terjadi usai hujan deras dan angin kencang melanda Depok pada Jumat (20/10).

“Kejadiannya pas hujan deras, tadinya air itu menggenang di sekitar sini, tiba-tiba surut gitu aja, eh pas dilihat ternyata ada retakan ini,” kata Riana (58) yang rumahnya tepat berada di dekat retakan.

2. Kedalaman tanah terbelah capai 1,5 meter

Fenomena Langka, Tanah Terbelah di DepokIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketua RT setempat, Endang Suherman membenarkan fenomena tanah terbelah itu terjadi pada saat hujan deras. Kedalaman tanah terbelah itu mencapai lebih dari 1,5 meter.  

"Kita ukur pakai bambu sekitar satu setengah meter. Ada juga yang satu meteran,” katanya kepada IDN Times melalui telepon, (22/10).

3. Tanah terbelah sepanjang lebih dari 5 meter

Fenomena Langka, Tanah Terbelah di DepokIDN Times/Irfan Fathurohman

Pantauan IDN Times di lokasi, panjang tanah yang terbelah sekitar lebih dari 5 meter.

“Iya lebih dari 5 meteran, sebelum kejadian pohon rambutan yang ada di samping retakan itu sempat bergerak,” ucap Riana.

Baca Juga: Recommended! Ini 5 Lokasi Liburan Bareng Keluarga di Depok

4. Warga sekitar tanah terbelah khawatir

Fenomena Langka, Tanah Terbelah di DepokIDN Times/Irfan Fathurohman

Riana mengaku kemarin (21/10) pihak Dinas Sosial Kota Depok sudah datang ke lokasi, selain itu warga juga kata Riana, sudah meminta pihak-pihak terkait untuk mengkaji fenomena tersebut. Mereka takut kejadian serupa terjadi di kawasan lainnya.

"Tanah retaknya kalau digambarkan garis tidak beraturan kaya kilat gitu. Harapannya dari dinas terkait ada imbauan apakah ada potensi lagi ke yang lain. Biar secepatnya dikasih peringatan ke warga," kata Riana.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Murah di Depok, Tetap Makan Enak di Akhir Bulan!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya