Gagal Pilgub karena Faktor Usia, Faldo Maju Pilbup Lewat Demokrat

Faldo bantah mundur dari PSI, nah lho jadi gimana dong?

Jakarta, IDN Times - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat Faldo Maldini gagal maju sebagai calon gubernur pada kontestasi Pilkada 2020 karena faktor usia. Usianya baru genap 30 tahun pada 9 Juli 2020, sedangkan penetapan kandidat jatuh pada 8 Juli 2020.

Berdasarkan Pasal 7 ayat 2 huruf e UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2019, tentang batas usia pendaftaran calon kepala daerah yang berbunyi sebagai berikut:

Berusia paling rendah 30 tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota.

Hal tersebut membangkitkan semangatnya untuk kembali maju, kali ini ia mencalonkan diri di Pilbup Pesisir Selatan lewat Partai Demokrat.

1. Faldo daftar ke Partai Demokrat

Gagal Pilgub karena Faktor Usia, Faldo Maju Pilbup Lewat DemokratIDN Times/twitter@FaldoMaldini

Lewat akun Twitternya @FaldoMaldini membagikan momen dirinya sedang mendaftar ke DPC Partai Demokrat Pesisir Selatan.

“Hari ini mendaftar di Partai Demokrat untuk mengikuti Pemilihan Bupati Pesisir Selatan,” cuit Faldo.

Baca Juga: Gagal Maju Pilkada Sumbar Kurang Umur 1 Hari, Faldo: Lucu Juga Sih!

2. Faldo tetap di PSI

Gagal Pilgub karena Faktor Usia, Faldo Maju Pilbup Lewat DemokratDok. pribadi Faldo Maldini

Faldo membantah pendaftaran dirinya ke Demokrat diartikan mundur dari PSI. Dia mengatakan dalam Pilkada tidak ada yang bisa mencalonkan kandidat sendiri.

“Yang bilang saya pindah partai siapa? Memang partai saya tidak bisa mencalonkan kandidat. Di Pilkada Pessel, tidak ada juga partai yang bisa mencalonkan kandidat sendiri. Jadi, hampir semua kandidat pasti mendaftar. Kemarin, Ketua Gerindra Pessel juga mendaftar di Partai Demokrat,” ucap Faldo saat dihubungi, Rabu (25/12).

3. Faldo akan patuh pada mekanisme Pilkada

Gagal Pilgub karena Faktor Usia, Faldo Maju Pilbup Lewat DemokratIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Faldo menegaskan akan mengikuti mekanisme Pilkada. Ia juga meminta masyarakat untuk menghargai partai dalam menghadirkan calon pemimpin baru.

“Yang jelas, saya akan ikuti semua mekanisme. Kita dukung semua partai untuk menghadirkan kepemimpinan terbaik untuk daerah dan masyarakat,” ujar Faldo.

4. Faldo sempat berdiskusi dengan senior partai Demokrat

Gagal Pilgub karena Faktor Usia, Faldo Maju Pilbup Lewat DemokratIDN Times/Panji Galih Aksoro

Sebelumnya, Faldo sempat berdiskusi dengan Partai Demokrat tentang peta politik di Pesisir Selatan. Dalam diskusi tersebut, dia menyebut banyak ilmu yang bisa diambil.

"Diskusi santai lanjutan dengan pengurus cabang Partai Demokrat pascamendaftar sebagai salah satu kandidat calon bupati mengenai peta politik di Pesisir Selatan. Banyak ilmunya," ungkap Faldo.

Baca Juga: MK Tolak Batas Usia 21 Tahun, Mimpi Tsamara-Faldo Maju Pilkada Pupus

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya