Ganjil Genap PPKM Level 3 di Jakarta Dimulai, Sepeda Dilarang Melintas

Ganjil genap berlaku di Sudirman, Tamrin dan Rasuna Said

Jakarta, IDN Times - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan penerapan tiga titik ganjil genap saat PPKM Level 3 DKI Jakarta mulai berlaku hari ini, Kamis (26/8/2021).

Aturan ini berlaku pukul 06.00 hingga 20.00 WIB di Jalan Sudirman, MH Thamrin dan Rasuna Said. Selain ganjil genap, Sambodo menjelaskan bahwa sepeda juga dilarang melintas di ketiga jalan tersebut.

“Untuk pesepeda masih tidak diperbolehkan, kenapa? Karena pesepeda itu dikhawatirkan menimbulkan kerumunan,” ujar Sambodo saat memantau ganjil genap di jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (26/8/2021).

1. Pengetatan mobilitas masih perlu diberlakukan

Ganjil Genap PPKM Level 3 di Jakarta Dimulai, Sepeda Dilarang MelintasDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ANTARA/Fianda Rassat)

Sambodo mengatakan, meski PPKM di DKI Jakarta turun ke level 3, pengetatan mobilitas masyarakat masih perlu dilakukan. Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dan tidak boleh lengah dari COVID-19. 

“Eropa, AS saja sekarang sudah mengalami gelombang ketiga gitu. Kita tidak mau itu terjadi oleh sebab itu segala macam kegiatan dan aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus kita hindari,” ujar Sambodo.

Baca Juga: Jakarta PPKM Level 3, Ganjil Genap Berlaku Hanya di 3 Titik

2. Sejumlah kendaraan berpelat ganjil diputar balik

Ganjil Genap PPKM Level 3 di Jakarta Dimulai, Sepeda Dilarang MelintasSuasana penyekatan PPKM Darurat di Lenteng Agung pada Senin (5/7/2021). (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Berdasarkan pemantauan Ditlantas Polda Metro Jaya terhadap pelaksanaan PPKM Level 3 DKI Jakarata, masih banyak kendaraan yang nekat menembus titik ganjil genap.  Akibatnya polisi memberi sanksi dengan memutar balik kendaraan berpelat ganjil di tanggal genap. 

“Kalau kita melihat itu masih banyak kendaraan berpelat ganjil yang mencoba melintas, padahal hari ini kan tanggal 26 adalah genap. Masih cukup banyak kendaraan kita putar balik,” ujarnya.

3. PPKM di DKI Jakarta turun ke level 3

Ganjil Genap PPKM Level 3 di Jakarta Dimulai, Sepeda Dilarang MelintasPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperpanjang kebijakan PPKM di Pulau Jawa dan Bali hingga 30 Agustus 2021. Beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek diturunkan levelnya dari 4 menjadi 3.

"Wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota dan kabupaten lainnya sudah bisa berada di level 3 mulai 24 Agustus 2021," kata Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021) malam.

Baca Juga: DKI Jadi PPKM Level 3, Wagub Riza Sebut Zona Merah Tersisa 3 RT

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya