Comscore Tracker

Gelar KLB, Gerindra akan Pilih Prabowo sebagai Ketua Umum Lagi!

Partai Gerindra gelar Kongres Luar Biasa hari ini

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) hari ini, Sabtu (8/8/2020) di Hambalang, Bogor. Acara sakral partai berlambang burung garuda itu akan mengukuhkan Prabowo Subianto untuk kembali menjadi Ketua Umum Partai Gerindra.

“Ini merupakan sebuah lanjutan dari keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) tanggal 4 Juni lalu yang meminta kesediaan Prabowo untuk melanjutkan kepemimpinannya di Partai Gerindra, baik sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dikutip ANTARA, Sabtu (8/8/2020).

Muzani menjelaskan, pada Rapimnas 4 Juni lalu, Prabowo telah menyatakan siap untuk kembali menjabat Ketum Partai Gerindra yang digagasnya sejak 2008.

Lalu apa alasan Gerindra menggelar KLB untuk mengukuhkan Menteri Pertahanan itu?

1. KLB digelar karena dalam situasi pandemik COVID-19

Gelar KLB, Gerindra akan Pilih Prabowo sebagai Ketua Umum Lagi!Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani (Kanan) memberikan keterangan pers usai rapat konsolidasi pemenangan Pilkada di Sumut, Minggu (19/1) petang (IDN Times/Prayugo Utomo)

Merujuk pada anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART), kata Muzani, Kongres harus tetap digelar pada tahun 2020 meski dalam situasi pandemik COVID-19. Namun begitu, ia memastikan kadernya menerapkan protokol kesehatan. Rapimnas memutuskan agar kongres pertama diselenggarakan secara luar biasa.

"Dari sisi waktu, tahun 2020 itu berarti telah berakhirnya masa mandat yang diberikan oleh Kongres Luar Biasa lima tahun yang lalu. Tetapi karena keadaannya luar biasa, di mana tidak dimungkinkan perkumpulan yang banyak," katanya.

Baca Juga: Gerindra Rapatkan Barisan Dukung Pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo

2. Peserta KLB secara fisik dibatasi

Gelar KLB, Gerindra akan Pilih Prabowo sebagai Ketua Umum Lagi!Ilustrasi pintu Hambalang (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Muzani juga menjelaskan, nantinya KLB tidak diikuti semua kader Gerindra yang berjumlah 2.500 hingga 3.000 orang. KLB hanya akan diikuti fisik oleh para pengurus DPD, DPP dan Dewan Pembina yang merupakan peserta kongres, itu pun dengan protokol COVID-19 yang ketat dan semuanya harus menjalani uji swab.

"Selanjutnya, para peserta kongres harus mengenakan masker dan sarung tangan serta rutin mencuci tangan. Uji swab yang kita lakukan kepada semua peserta kongres adalah bagian dari cara kami menaati protokol kesehatan di masa pandemi ini," ujarnya.

3. KLB akan minta laporan DPP kepada Prabowo

Gelar KLB, Gerindra akan Pilih Prabowo sebagai Ketua Umum Lagi!Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Lebih lanjut, Muzani menjelaskan, agenda KLB juga akan membahas pertanggungjawaban DPP yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pandangan dari DPD sekaligus penetapan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina (KDP) Partai Gerindra," ujarnya.

Baca Juga: Gerindra Komitmen Amankan 25 Ribu Suara Untuk Gibran-Teguh

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya