Gelar Kongres Tiga Hari, NasDem akan Undang Anies dan Khofifah 

Apakah ini berarti keduanya hendak dipasangkan pada 2024?

Jakarta, IDN Times - Partai Nasional Demokrat akan menggelar kongres pada 8 - 11 November di Jakarta International Expo. Rencananya, dalam kongres itu NasDem akan mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Lho, apakah ini menjadi sinyal Anies resmi diusung oleh NasDem jadi capres di tahun 2024 mendatang? Sebab, sebelumnya di bulan Juli, Anies sempat mendatangi kantor DPP NasDem untuk makan siang. 

“Ya, Anies kan Gub DKI sebagai gubernur. Dia wajar memberi sambutan dan ucapan selamat datang pada peserta kongres yang datang,” kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya, di Jakarta Pusat pada Sabtu (2/11).

Apa yang hendak dibahas oleh NasDem dalam kongres selama tiga hari itu?

1. Kongres NasDem akan bahas strategi dan peluang di pemilu 2024

Gelar Kongres Tiga Hari, NasDem akan Undang Anies dan Khofifah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat diwawancarai di Gedung Grahadi, Jumat (1/11). IDN Times/Fitria Madia

Willy mengatakan, Kongres Nasdem akan membahas agenda penting dan strategis, salah satunya untuk menghadapi Pemilu 2024. Selain mengundang Anies, partai besutan pengusaha media, Surya Paloh itu juga akan mendatangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa. 

“Tentu, Pemilu 2024 kita bahas, tapi yang penting bukan Anies, Bu Khofifah juga kita undang dan beberapa gubernur kita undang. Tapi Anies membuka (acara kongres) selaku Gubernur DKI,” ujar Willy. 

Baca Juga: Surya Paloh dan Anies Baswedan Makan Siang Bersama, Bahas Apa?

2. Anies dan Khofifah akan berpasangan untuk Pilpres 2024?

Gelar Kongres Tiga Hari, NasDem akan Undang Anies dan Khofifah (Diskusi Populi Centre) IDN Times/Irfan Fathurohman

Apakah dengan mengundang Anies dan Khofifah, jadi pertanda NasDem hendak mengusung keduanya jadi pasangan di Pilpres 2024? Willy yang dikonfirmasi tak menampik keduanya berpeluang besar untuk diusung. 

“Kita harus ingat, Anies dan Khofifah itu deklarator Nasional Demokrat. Jadi mereka memiliki kedekatan struktural dan emosional dengan NasDem,” tutur dia. 

3. NasDem juga singgung nama Ridwan Kamil

Gelar Kongres Tiga Hari, NasDem akan Undang Anies dan Khofifah IDN Times/Humas Pemprov Jabar

Selain Khofifah dan Anies, NasDem turut menyebut nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurut Willy, NasDem juga akan mengundang mantan Wali Kota Bandung tersebut untuk hadir di dalam kongres. 

“Bu Khofifah itu sama dengan Ridwan Kamil diusung pertama kali oleh NasDem. Tapi juga ada beberapa gubernur lainnya, Kaltara, Kalbar, Sumsel, Jambi, NTT, Papua, dan Papua Barat,” kata Willy. 

Kita tunggu ya, guys apa yang akan dihasilkan dari kongres NasDem selama tiga hari nanti. 

Baca Juga: Soal Kinerja Anies Pimpin Jakarta, Surya Paloh Beri Nilai 5

Topik:

Berita Terkini Lainnya