Comscore Tracker

Genap 58 Tahun, Ketua KPK Firli Bahuri Pensiun dari Polri

Firli Bahuri tegaskan dirinya bukan politisi

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisaris Jenderal (Komjen) Firli Bahuri, genap berusia 58 tahun per Senin (8/11/2021). Dengan begitu, ia memasuki masa pensiun sebagai anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

“Hari ini genap usia saya 58 tahun, usia mengakhiri dinas aktif dari anggota Polri,” kata Firli lewat keterangan tertulisnya, Senin (8/11/2021).

1. Firli menyampaikan permohonan maaf atas kekurangannya

Genap 58 Tahun, Ketua KPK Firli Bahuri Pensiun dari PolriKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menemui Ketua KPK Firli Bahuri (Dok. Humas Polri)

Firli mengatakan mengakhiri masa dinas aktif dari Polri secara paripurna merupakan suatu kebahagiaan. Sebab, ia menjelaskan, tidak semua anggota Polri dapat mewujudkan tugas hingga tuntas.

“Inilah yang patut kami syukuri sebagai insan yang menghambahkan diri kepada Allah SWT. Saya mohon maaf segala kekurangan dan ketidaksempurnaan saya,” ujar pria yang menyandang bintang tiga tersebut.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Ulang Tahun Ke-58, Ini Pesan MAKI hingga Novel Baswedan

2. Firli berkomitmen menuntaskan tugas sebagai ketua KPK hingga 2023

Genap 58 Tahun, Ketua KPK Firli Bahuri Pensiun dari PolriKetua KPK Firli Bahuri (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan audiensi di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Meski pensiun dari Polri, Firli mengaku akan terus berjuang mengabdikan diri di KPK. Ia berkomitmen menuntaskan tugas sebagai Ketua KPK hingga 20 Desember 2023.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akhirat. Di sisa tenaga, energi dan semangat kecintaan kepada ibu pertiwi serta dengan modal niat mengabdi untuk negeri. Saya mengikuti takdir, bersyukur ikhlas dan sabar,” kata dia.

3. Firi menegaskan bukan politisi

Genap 58 Tahun, Ketua KPK Firli Bahuri Pensiun dari PolriKetua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Firli menegaskan dirinya hanya punya cita-cita untuk Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia, sejahtera, damai, adil, dan makmur. Ia mengakhiri masa 37 tahun pengabdian di Polri, sejak sersan dua pada 1 Juni 1984, atau 31 tahun dinas perwira setelah lulus Akpol 26 Juli 1990.

“Saya berasal dari keluarga orang dusun, miskin dan sejak lima tahun ditinggal ayah meninggal sehingga hidup dan kehidupan dengan penuh keterbatasan. Maka, saya tidak memiliki beban,” ujar Firli.

“Apalagi saya bukan orang politik, bukan politisi. Saya hanya anak bangsa dari keluarga miskin Lontar Baturaja, Sumatra Selatan, yang memiliki semangat tekad mendharmabaktikan diri pikiran, tenaga, energi, passion, spirit dan komitmen untuk bangsa Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga: Ultah ke-58, Firli Bahuri: Maaf Atas Kekurangan dan Ketidaksempurnaan

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya