Comscore Tracker

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal Waktu

Suara internal Gerindra tidak satu suara tentang oposisi

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo Subianto dan Presiden Joko “Jokowi” Widodo segera bertemu. Saat ini komunikasi terus berlangsung untuk menentukan waktu pertemuan yang tepat.

"Memang komunikasi antara pihak Pak Prabowo dan Pak Jokowi terjadi, sedang saling mencocokkan," ujar Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7).

1. Gerindra sepakat rekonsiliasi

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal WaktuANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Muzani mengatakan partainya sepakat dengan wacana rekonsiliasi yang belakangan didorong oleh berbagai kelompok masyarakat. Upaya rekonsiliasi tersebut perlu diawali dengan adanya pertemuan antara kedua tokoh yang menjadi rival di Pilpres 2019.

Menurut Muzani, ada kebutuhan untuk menyatukan masyarakat yang terbelah menjadi dua kubu dan berpotensi menimbulkan konflik.

"Karena bagaimanapun juga secara sadar atau tidak terjadi pembelahan di masyarakat kita akibat dari proses pemilihan umum kemarin," kata Muzani.

Baca Juga: Geruduk Kertanegara, Puluhan Emak Desak Prabowo Agar Tak Rekonsiliasi

2. Waktu rekonsiliasi belum ada titik terang

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal WaktuIDN Times/Irfan Fathurahman

Muzani belum dapat memastikan kapan pertemuan Prabowo dan Jokowi akan terjadi. Sebab, keduanya masih terganjal oleh kesibukan masing-masing.

"Bisa lebih cepat di bulan-bulan ini, bisa agak lambat. Tapi yang pasti terus terang saya belum bisa memperkirakan karena jadwal keduanya sangat padat sekali," ucap Muzani.

3. Prabowo belum ambil sikap Gerindra

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal WaktuIDN Times/Irfan Fathurohman

Muzani mengatakan partainya belum menentukan sikap apakah akan tetap berada di oposisi atau masuk ke dalam koalisi pemerintah.

Prabowo belum memutuskan, meski berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai, memiliki kewenangan untuk mengambil kebijakan soal kerja sama koalisi.

"Enggak. Belum (putuskan). Pak Prabowo secara konstitusi anggaran dasar, anggaran rumah tangga memiliki kewenangan sepenuhnya untuk mengambil kebijakan, baik ke dalam ataupun ke luar," katanya.

4. Kader Gerindra tidak satu suara

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal WaktuIDN Times/Irfan Fathurohman

Terkait keinginan kader dan pengurus sendiri menurut Muzani, sangat bervariatif. Ada yang menginginkan Gerindra tetap di jalur oposisi, dan ada juga yang ingin masuk koalisi. Prabowo menurutnya pasti akan menimbang dengan cermat keinginan kader dan pengurus tersebut untuk kepentingan masyarakat dan bangsa.

"Semua pandangan yang sekarang disuarakan oleh kader termasuk para pendukung Pak Prabowo, relawan pak Prabowo, para ulama para habib semuanya kita mendengar, kita memperhatikan dan kita mencermati dengan seksama saya kira beliau pun melakukan hal yang sama terhadap persoalan," katanya.

5. Gerindra siap jadi oposisi

Gerindra: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hanya Soal WaktuIDN Times/Arief Rahmat

Terkait dengan keinginan sejumlah partai pendukung Jokowi-Ma'ruf, bahwa Gerindra sebaiknya tetap di jalur oposisi, menurut Muzani bukanlah masalah. Gerindra menurutnya sudah terbiasa menjadi oposisi pemerintah.

"Bagi Gerindra masuk koalisi itu sesuatu yang baru, menjadi oposisi yang sudah kita alami selama 10 tahun sehingga bukan bagi kita bukan itu persoalan. Jadi bagi saya tidak ada problem. Gerindra adalah satu-satunya partai politik yang sejak ada di Senayan sampai sekarang belum pernah masuk dalam kekuasaan. terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Berharap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You