Golkar Usung Airlangga di Pilpres 2024 karena Jokowi Gak Nyalon Lagi

Misbakhun deklarasikan Airlangga capres kepada konstituennya

Jakarta, IDN Times - Golkar mendeklarasikan Ketua Umum Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Deklarasi tersebut disampaikan oleh Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun kepada konstituennya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021).

Deklarasi dilakukan dalam pertemuan serap aspirasi di Dapil IV Kabupaten Pasuruan dalam rangka kegiatan reses Masa Sidang II Tahun Sidang 2021-2022 DPR RI.

Misbakhun menyebut Airlangga merupakan calon presiden dari Partai Golkar. Backdrop atau layar latar pertemuan Serap Aspirasi itu juga menampilkan wajah Airlangga Hartarto.

"Ini ada gambar Bapak Airlangga Hartarto. Beliau dicalonkan sebagai capres oleh Partai Golkar," kata Misbakhun dikutip ANTARA, Kamis (23/12/2021).

1. Jokowi tak bisa maju Pilpres 2024 jadi alasan Golkar usung Airlangga

Golkar Usung Airlangga di Pilpres 2024 karena Jokowi Gak Nyalon LagiANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Ketua Pusat Pemenangan Pemilu Jawa III Partai Golkar itu menyatakan Presiden Jokowi sudah tidak bisa maju lagi pada Pilpres 2024 karena konstitusi membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode.

“Nah, Partai Golkar mengusulkan Pak Airlangga Hartarto kepada rakyat Indonesia sebagai capres. Tugas saya sebagai pengurus Partai Golkar menyosialisasikan Pak Airlangga Hartarto sebagai capres," katanya.

Terlebih, Presiden Jokowi telah membentuk Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Komite itu diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurut Misbakhun, capaian vaksinasi dan pemulihan UMKM tak terlepas dari kinerja Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar.
 
"Banyak pula kegiatan-kegiatan yang telah dirumuskan dan dikoordinasikan oleh Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian, seperti program vaksinasi, indeks penurunan pandemi, hingga kredit usaha rakyat," tutur Misbakhun.
 
Oleh karena itu, Misbakhun juga mengajak konstituennya dari Kecamatan Lumbang, Winongan, Kejayan, dan Gondang Wetan di Kabupaten Pasuruan mengenal lebih jauh sosok Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Rela Indonesia di Banten Dukung Airlangga Jadi Capres 2024

2. Misbakhun janjikan membantu UMKM lewat bantuan BI

Golkar Usung Airlangga di Pilpres 2024 karena Jokowi Gak Nyalon LagiInstagram/@dulurcakbakhun

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan II Jatim itu menilai program vaksinasi COVID-19 sudah berjalan baik. Indonesia pun masuk jajaran lima besar negara dengan jumlah penerima vaksinasi COVID-19 terbesar di dunia.
 
"Keberhasilan vaksinasi merupakan salah satu cara mengalahkan pandemi," kata Misbakun.
 
Politikus asal Pasuruan itu juga menyatakan akan membantu para pelaku UMKM dan kelompok tani mengakses bantuan dari pemerintah. Misbakhun mengatakan Bank Indonesia (BI) sebagai mitra kerjanya di Komisi XI DPR juga memiliki program bagi pelaku UMKM.
 
"Saya minta persyaratan (permohonan bantuan modal) harus dipenuhi, lembaganya jelas. Nanti akan ada tim survei, sehingga dipastikan bantuan tidak akan salah sasaran. Bantuan Bank Indonesia tidak ada potongan apa pun," tuturnya.

3. Misbakhun mengajak pemilihnya sukseskan program vaksinasi

Golkar Usung Airlangga di Pilpres 2024 karena Jokowi Gak Nyalon LagiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dalam kegiatan resesnya yang berlangsung sejak Rabu (22/12/2021), anggota Komisi XI DPR RI ini juga mengajak konstituennya untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19.
 
Menurut dia, keberhasilan vaksinasi akan berdampak besar pada upaya pemulihan ekonomi.
 
Pada pertemuan dengan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Pasuruan, legislator Golkar itu menyatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang menggalakkan program vaksinasi COVID-19.
 
"Pandemik COVID-19 yang berjalan hampir dua tahun telah mengganggu berbagai kegiatan ekonomi. Vaksinasi akan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi saat ini," ujar Misbakhun.

Baca Juga: Reaksi Ganjar Usai Dilirik Golkar Jadi Pasangan Airlangga pada 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya