Hadiri Rakornas PKS, Anies: Akhir-Akhir Ini Musim Pelukan

Anies sindir pelukan Sohibul Iman, Surya Paloh, dan Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung pelukan antara Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

“PKS sekarang memainkan peran yang cukup penting dalam menjaga persatuan. Akhir-akhir ini sedang musim pelukan, dan pelukan-pelukan ini punya makna, nampaknya simbolik. Tapi bila di puncak terjalin hubungan InsyaAllah sampai ke bawahnya perasaan kebersamaan bisa terjaga,” kata Anies saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Partai Keadilan Sejahtera (Rakornas PKS) di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (14/11).

1. Anies menyebut kedewasaan politik tetap harus dijaga

Hadiri Rakornas PKS, Anies: Akhir-Akhir Ini Musim PelukanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Meski berbeda soal pilihan politik, Anies menyebut kedewasaan politik tetap harus dijaga. Ia pun menitip pesan kepada PKS untuk tetap menjaga kebersamaan dan kesatuan.

“Bahwa pandangan boleh berbeda, tapi kebersamaan dijaga terus sebagai bangsa. Keutuhan dijaga. Harapannya PKS bisa memainkan peran ini sebaik-baiknya,” ujar Anies.

Baca Juga: PKS: Anies Baswedan Punya Kapasitas Jadi Calon Presiden 2024

2. Pelukan Sohibul dan Surya Paloh tidak meluluhkan sikap oposisi PKS

Hadiri Rakornas PKS, Anies: Akhir-Akhir Ini Musim Pelukan(Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Baru) IDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Baru mengatakan, pelukan Presiden PKS Shohibul Iman dengan Surya Paloh dan Jokowi bukan berarti meluluhkan sikap PKS untuk beroposisi.

"Walau kemarin Presiden PKS sempat berpelukan dengan Presiden Jokowi dan Surya Paloh yang notabene merupakan rival politik kami, tapi hal itu tidak mengubah sikap kami untuk tetap berada di luar pemerintahan. Walau pelukan, tapi tetap oposisi,” ujar Fathul lewat keterangan tertulisnya, Kamis (14/11).

3. Jokowi peluk Surya Paloh, cemburu sama PKS?

Hadiri Rakornas PKS, Anies: Akhir-Akhir Ini Musim Pelukan(Ketum Partai NasDem Surya Paloh) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Seperti diketahui, momen pelukan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketum NasDem Surya Paloh sempat disinggung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Hingga akhirnya, Jokowi memeluk Paloh saat Kongres NasDem

Baca Juga: Soal Rangkulan Surya Paloh-Sohibul Iman, Jokowi: Itu Saya Cuma Cemburu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya