Comscore Tracker

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu Melawan COVID-19

Kapolri imbau masyarakat patuhi protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bergotong royong melawan dan memerangi Pandemik COVID-19.

Semangat gotong royong itu, kata Sigit, merupakan salah satu bentuk merefleksikan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, 1 Juni 2021.

"Menanamkan nilai Pancasila di tengah Pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu dan bergandengan tangan sebagaimana butir ketiga Pancasila: Persatuan Indonesia, dalam melawan dan memerangi Pandemi COVID-19 yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Ini Kutipan 9 Tokoh Nasional tentang Pancasila

1. Semangat persatuan akan memperkuat Indonesia melawan COVID-19

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu Melawan COVID-19Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemantauan terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2021). (IDN Times/Istimewa).

Pancasila yang merupakan kepribadian dan pandangan hidup berbangsa, kata Sigit, menjadi landasan yang kuat untuk masyarakat dan pemerintah bersatu menghadapi tantangan yang terjadi saat pandemik COVID-19.

"Tingginya semangat persatuan dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang tangguh ketika menghadapi virus corona saat ini," ujar Sigit.

2. Kapolri imbau masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu Melawan COVID-19Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (kedua kiri) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (kanan) saat tiba di lokasi peluncuran aplikasi SIM Nasional Presisi Korlantas Polri (Sinar) untuk perpanjangan SIM secara daring di Jakarta, Selasa (13/4/2021) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, kata Sigit, juga dapat diimplementasikan dengan kesadaran kedisiplinan dari masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, masyarakat juga harus memberikan dukungan dari seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai virus corona.

"Kedisplinan protokol kesehatan dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari Pandemi COVID-19. Dukungan dari masyarakat untuk turut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan PPKM Mikro, vaksinasi nasional serta penguatan 3M dan 3T, juga bisa menjadi bentuk nasionalisme atau wujud kecintaan terhadap Pancasila," papar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

3. Gotong royong masyarakat dan pemerintah merupakan Pancasila dalam tindakan

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu Melawan COVID-19Ilustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Mantan Kapolda Banten itu menyatakan, dengan adanya persatuan itu, maka efek domino yang dihasilkan dari pandemik COVID-19, mulai dari perekonomian dan kehidupan sosial dapat teratasi dengan baik.

“Adanya gotong royong masyarakat dan pemerintah dalam memerangi COVID-19 maka akan terwujud Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh. Sebagaimana tema Hari Lahir Pancasila 2021 yang diusung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tahun ini,” ujar Sigit.

Baca Juga: [LINIMASA-6] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya