Comscore Tracker

Hasril Chaniago Jelaskan soal Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI Sumbar

Bagi orang Minang, berbeda parpol itu bukan masalah

Jakarta, IDN Times - Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan kembali menjadi buah bibir di media sosial setelah tokoh pers Sumatra Barat (Sumbar) Hasril Chaniago, menyebut bahwa kakek Arteria, Bachtiaruddin, adalah pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumbar.

Hal tersebut disampaikan oleh Hasril di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (8/8/2020). Hasril mengatakan, saat itu ia sedang menjelaskan dalam konteks demokrasi masyarakat Minangkabau.

“Jangan katakan saya menuduh Arteria keturunan PKI, bukan itu. Konteksnya demokrasi di Minangkabau. Arteria itu keluarga Masyumi di Maninjau, itu ada PKI, mereka saling menghormati,” kata Hasril kepada IDN Times, Rabu (9/9/2020).

Lalu bagaimana penjelasan lengkap Hasril soal itu?

1. Hasril menjelaskan konteks demokrasi masyarakat Minangkabau

Hasril Chaniago Jelaskan soal Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI SumbarAnggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Dok. KPK)

Lebih lanjut, Hasril menjelaskan tentang bagaimana orang Minang melihat konsep parpol di kancah sosial-politik.

“Saya menjelaskan politik orang Minang itu tidak harus satu partai. Dalam konteks demokrasi Minangkabau, ada istilah ‘basilang kayu dalam tungku, di situ api mako iduik, disinan nasi baru masak’ artinya untuk menyalakan api itu kayu harus kita silang-silangkan, kalau kita susun rapi saja dia, gak mau menyaka. Artinya berbeda aliran politik itu biasa. Saya contohkan di keluarga Arteria Dahlan,” ujarnya.

Baca Juga: Arteria Dahlan: Harusnya Orang Minang Bangga dengan Mbak Puan

2. Bachtiaruddin adalah kakek Arteria dari garis ibu

Hasril Chaniago Jelaskan soal Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI SumbarIlustrasi Jam Gadang, Kota Padang, Sumatra Barat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasril menjelaskan, keluarga Arteria Dahlan berasal dari daerah Maninjau, Sumbar. Bachtarudin masih sepupu pahlawan nasional, HR Rasuna Said.

“Bachtiaruddin yang menjadi anggota konstituante mewakili Sumbar itu masih bersepupu dengan neneknya Arteria, jadi kakek dari garis ibu, bukan kakek dari garis bapak,” kata Hasril.

3. Arteria dan Bachtiaruddin beda politik

Hasril Chaniago Jelaskan soal Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI SumbarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Hasril menegaskan, Arteria merupakan keluarga Masyumi tapi Bachtiaruddin dalam struktur keluarga adalah PKI. Bachtiaruddin merupakan pendiri PKI Sumbar pada 1945. Dia terpilih menjadi anggota konstituante dalam Pemilu 1955.

“Mereka tidak masalah, artinya demokrasi di Minangkabau itu, jangankan di Minangkabau, di Sumbar, dalam keluarga itu politik beda-beda tapi tidak buat kita berkelahi dan bunuh-bunuhan,” kata Hasril.

“Konteks saya bicara semalam, saya sebagai seorang Minang dan Arteria sebagai adik atau keponakan saya. Karena saya berteman dengan pamannya, saya bangga dengan dia, bayangkan orang Minang diterima oleh orang Jawa, dipilih untuk duduk di DPR,” sambung dia.

Baca Juga: Hasril Chaniago ke PDIP: Mohonlah Bujuk Mbak Puan untuk Minta Maaf

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya