Hasto Siap Dipanggil KPK Terkait Kasus Dugaan Suap Komisioner KPU

Sebelumnya, Hasto tiba-tiba dikabarkan diare~

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan siap datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi jika diminta untuk memberikan keterangan terkait kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan serta salah satu kadernya, Harun Masiku.

"Ketika KPK undang kami pun, saya akan datang," kata Hasto di Arena Rakernas PDIP, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1).

“Saya sebagai warga negara, setiap warga negara punya tanggung jawab membangun ketaatan terhadap hal tersebut," lanjutnya.

1. Hasto sebut dia terbiasa berhadapan dengan KPK

Hasto Siap Dipanggil KPK Terkait Kasus Dugaan Suap Komisioner KPUHasto Kristiyanto mendampingi Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasto menegaskan, partainya kerap kali berurusan dengan KPK dalam rangka sosialisasi soal transparansi dana partai. Ia mengaku kedatangan dirinya bila diundang untuk dipanggil KPK merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai warga negara.

“Kami beberapa kali berdialog, ketika kami mengundang KPK. KPK datang. Di dalam membahas bagaimana membangun sebuah keuangan yang transparan, yang baik,” ujar dia

Baca Juga: 2 Stafnya Diduga Terjaring OTT KPK, Sekjen PDIP Hasto Sakit Diare

2. PDIP mendukung pencarian KPK terhadap Harun yang masih buron

Hasto Siap Dipanggil KPK Terkait Kasus Dugaan Suap Komisioner KPUHasto Kristiyanto mendampingi Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasto memastikan partainya mendukung penuh upaya pencarian Harun yang masih buron sampai saat ini oleh KPK. PDIP akan berkomitmen penuh dalam memerangi korupsi.

“Akhirnya pun kami telah menyiapkan diri karena tanggung jawab sebagai warga negara itu harus menjunjung hukum tanpa terkecuali," ujarnya.

3. KPK akan memeriksa Hasto

Hasto Siap Dipanggil KPK Terkait Kasus Dugaan Suap Komisioner KPUIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, KPK memastikan akan mendalami kasus dugaan suap yang menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait PAW anggota DPR RI periode 2019-2024. Tak tanggung-tanggung, KPK akan memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Misalnya seperti Pak Hasto, ini kembali ke penyidikan. Tetapi mungkin tidak hanya Pak Hasto saja, tetapi kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengembangan perkara ini pasti juga ada panggilan-panggilan,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (9/1) malam.

4. KPK akan mendalami sumber uang

Hasto Siap Dipanggil KPK Terkait Kasus Dugaan Suap Komisioner KPUKomisioner KPU Wahyu Setiawan (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain Hasto dan pihak terkait, menurut Lili, KPK juga akan mendalami sumber uang suap yang diberikan kepada Wahyu. Bahkan hingga kini, pihak yang diduga pemberi suap yakni Harun Masiku masih dalam pengejaran KPK.

“Sumber dana ini sedang didalami oleh teman-teman di penyidikan. Kemudian ada beberapa, misalnya pihak swasta itu kan menjadi sumber aliran juga, yang membawa dan mengantarkan,” ucap Lili.

Baca Juga: Hasto Bantah Berperan dalam PAW Harun Masiku

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya