Helikopter Polri Jatuh di Babel, Satu Jenazah Diduga Kru Ditemukan

"Jenazah yang diduga adalah kru.”

Jakarta, IDN Times - Satu dari empat jenazah awak helikopter Polri dengan nomor registrasi P-1103 ditemukan di sekitar Pantai Burung Mandi, Bangka Belitung (Babel), Senin (28/11/2022) pagi.

“Ini koordinat ditemukannya jenazah yang diduga adalah kru,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Saat ini jenazah masih berusaha dievakuasi dengan menggunakan perahu nelayan.

“Masih ditarik perahu nelayan, tim identifikasi dan RSUD sudah standby di daratan,” ungkap Ramadhan.

Helikopter yang membawa empat personel sebelumnya dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/22022) siang.

"Kita menyimpulkan lost contact," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, ketika dikonfirmasi, Minggu malam. Helikopter itu diketahui terbang dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun.

Ahmad mengatakan ada dua helikopter, yakni dengan nomor registrasi P-1103 dan P-1113, yang lepas landas dari Palangkaraya pada Minggu pagi atau tepatnya pukul 08.15 WIB. Helikopter tersebut dipastikan Ahmad layak terbang dan mampu mencapai Pangkalan Bun.

"Kemudian pukul 11.00 WIB, dua helikopter tadi dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan, Belitung, dalam kondisi layak terbang, setelah sebelumnya mengisi bahan bakar," ucap dia.

Kemudian, sambung Ahmad, dua helikopter tersebut menghadapi cuaca buruk pada posisi 39 NM. Jam kala itu menunjukkan pukul 13.45 WIB.

Saat itu, kapten pilot helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki, sedangkan kapten pilot helikopter P-1103 mengambil keputusan untuk turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

"Posisi di pukul 14.00 WIB, kapten pilot helikopter P-1113 berusaha memanggil crew helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter. Namun, tidak ada jawaban," kata Ahmad.

Kemudian, pada pukul 14.24 WIB, kapten helikopter P-1113 yang berhasil mendarat di Bandara Tanjung Pandan mencoba kembali mengontak kru helikopter P-1103, tetapi masih belum ada respons.

"Jadi masih lost contact," ucap Ahmad.

Baca Juga: Helikopter Polri Hilang Kontak di Perairan Bangka Belitung

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya