Comscore Tracker

HP Sudah Disita, Polisi Ungkap Status Kasus Meme Candi Roy Suryo

Polisi masih melakukan penyidikan terhadap Roy Suryo

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan meralat kabar penyitaan akun twitter milik Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, @KRMTRoySuryo2. Ia sebut, yang disita adalah akun pelapor, Kurniawan Santoso.

Zulpan menegaskan, kasus yang naik penyidikan adalah laporan Kurniawan dengan terlapor Roy Suryo.

“Yang dimaksud di sini penyitaan itu bukan akun twitter Roy Suryo,” kata Zulpan.

Baca Juga: Kasus Stupa Naik Penyidikan, Roy Suryo Janji Mau Buka-bukaan di Polda

1. Polisi sita gawai pelapor Kurniawan

HP Sudah Disita, Polisi Ungkap Status Kasus Meme Candi Roy SuryoMantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo buat laporkan Menteri Agama Yaqut Cholil ke Polda Metro Jaya, Kamis (24/2/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Zulpan menjelaskan, terdapat dua laporan polisi dalam kasus ini, di mana laporan lainnya berada di Bareskrim Polri yang kini dilimpahkan ke Polda Metro dengan terlapor Roy Suryo.

“Kemarin yang disita oleh penyidik itu adalah HP milik pelapor Kurniawan Santoso,” ujar Zulpan.

2. Polda Metro telah memeriksa saksi dan saksi ahli

HP Sudah Disita, Polisi Ungkap Status Kasus Meme Candi Roy SuryoKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Saat ini, kata Zulpan, penyidik sudah memeriksa beberapa orang saksi maupun ahli terkait. Tim juga sedang bekerja melakukan pemeriksaan tambahan.

“Nanti kita akan sampaikan kelanjutannya terkait dengan sudah dinaikkan. Mungkin satu atau dua hari ke depan nanti akan bisa kita berikan keterangan tambahan,” kata Zulpan.

Baca Juga: Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi soal Meme Candi Borobudur Mirip Jokowi 

3. Polda Metro dikabarkan sita akun Roy Suryo

HP Sudah Disita, Polisi Ungkap Status Kasus Meme Candi Roy SuryoLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebelumnya, Polda Metro Jaya disebut-sebut menyita akun media sosial Twitter milik Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, @KRMTroysuryo2.

Zulpan menjelaskan, akun twitter tersebut disita untuk dijadikan alat bukti dalam dugaan kasus penistaan agama oleh Roy Suryo.

"Iya disita, yang dia gunakan untuk uploadan itu. Apa itu nama akunnya kemarin yang saya sebutkan @KRMTroysuryo9," ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Kamis (30/6/2022).

Zulpan mengatakan, penyitaan dilakukan dalam rangka proses penyidikan kasus dugaan menistakan agama oleh Roy Suryo lewat akun media sosial itu. Roy dilaporkan karena unggahan stupa mirip Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo.

"Iya akun itu yang dia gunakan," kata Zulpan.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya