Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono Rasis

Prabowo merasa pihaknya disudutkan

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Prabowo Subianto mengkritik pernyataan eks Kepala BIN AM Hendropriyono yang meperingatkan sejumlah WNI keturunan Arab untuk tidak menjadi provokator. Capres nomor urut 02 itu menilai pernyataan Hendropriyono rasis.

"Pernyataan Pak Hendropriyono yang menyinggung masalah keturunan WNI di mana kami melihat pernyataan tersebut bersifat rasis dan berpotensi untuk mengadu domba dan memecah belah anak bangsa," ujar Prabowo di depan kediamannya, Kertanegara,Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

1. Prabowo menilai pernyataan Hendropriyono bernada ancaman

Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono RasisANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pasangan cawapres Sandiaga Uno ini juga menilai pernyataan Hendropriyono bernada ancaman. Prabowo pun menyoroti posisi Hendropriyono yang dinilainya dekat dengan pemerintahan.

"Ini lebih memprihatinkan karena juga ada nada ancaman kemudian juga ini dilakukan oleh seseorang yang dekat dengan lingkaran kekuasaan saat ini," ucap eks Danjen Kopassus tersebut.

"Untuk itu kami menyatakan keprihatinan kami kami yakin ini kekhilafan beliau. Mungkin beliau tidak bermaksud seperti itu," tambah Prabowo.

2. Prabowo merasa pihaknya selalu disudutkan

Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono RasisIDN Times/Irfan fathurohman

Meski begitu, ia mengatakan perlu memberi tanggapan atas pernyataan Hendropriyono. Alasannya, Prabowo merasa pihaknya selalu disudutkan.

"Karena kami sering disudutkan dengan dituduh bahwa kami membela aliran Islam garis keras, kami membela HTI. Tuduhan-tuduhan ini kami anggap sebagai upaya yang tidak menguntungkan kita," katanya.

3. Hendropriyono mengingatkan WNI keturunan Arab untuk tidak memprovokasi

Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono RasisIDN Times/Vanny El Rahman

Sebelumnya, Hendropriyono memperingatkan sejumlah WNI keturunan Arab tidak menjadi provokator. Dia mengatakan tak mau seruan makar meluas. Dalam pernyataannya, ia menyebut beberapa nama tokoh yang merupakan pendukung Prabowo-Sandi yakni Habib Rizieq Syihab dan Yusuf Martak.

"Saya peringatkan Rizieq, Yusuf Martak, dan orang-orang yang meneriakkan revolusi kan sudah banyak. Itu inkonstitusional, merusak disiplin dan tata tertib sosial, jangan seperti itu," kata Hendropriyono kepada wartawan, Selasa (7/5).

4. Hendropriyono sebut keturunan Arab di Indonesia adalah pemimpin informal

Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono RasisDok.IDN Times/Istimewa

Hendropriyono memandang banyak warga keturunan Arab yang sangat dihormati di masyarakat. Karena itu dia merasa perlu memperingatkan sebagian warga keturunan Arab untuk tidak memprovokasi revolusi sampai turun ke jalan.

"Kalau kenyataan di masyarakat kita itu sangat menghormati orang-orang Arab, mereka kan juga warga negara Indonesia. Kalau di kampung-kampung kita masih bisa lihat orang Arab datang ke kampung-kampung pada cium tangan. Berarti posisinya mereka kan berada pada tempat yang dimuliakan, mereka kemudian langsung atau tidak langsung terakui sebagai pemimpin informal, informal leader," kata Hendropriyono.

Dengan posisi yang mulia seperti itu, Hendro mengimbau agar para warga keturunan Arab supaya mengayomi masyarakat. "Jangan malah memprovokasi revolusi, memprovokasi untuk turun melakukan gerakan politik jalanan. itu inkonstitusional," ucapnya.

Baca Juga: Rizieq Shihab Diperingatkan Jangan Provokasi, Ini Komentar Sandiaga

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya