Comscore Tracker

HUT ke-48 PDIP Gowes Bareng, Kampanye Gunakan Sepeda Buatan Lokal

Hasto pamer sepeda onthel milik kakeknya saat gowes di GBK

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan gelar gowes bareng di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, dan Monas, Minggu (28/2/2021). Dalam kegiatan ini, PDIP juga mengkampanyekan penggunaan sepeda buatan lokal.

Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membanggakan sepeda onthel yang dipakainya.

"Pokoknya ini sepeda kakek saya. Saya sengaja menampilkan sepeda onthel ini supaya di tengah-tengah antusiasme bersepeda, kita tidak menggantungkan diri kepada produk-produk impor, tapi kita juga mendorong industri dalam negeri kita untuk berkarya menghasilkan sepeda yang sehat," kata Hasto.

Baca Juga: PDIP Janji Akan Berbenah Partai usai Penangkapan Nurdin Abdullah

1. Gowes bareng PDIP dalam rangka HUT PDIP ke-48

HUT ke-48 PDIP Gowes Bareng, Kampanye Gunakan Sepeda Buatan LokalPDIP gelar gowes bareng di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021). Dok: PDIP

Hasto mengatakan, dibanding dengan parpol lainnya, PDIP memang aktif berkegiatan walau di masa pandemik COVID-19. Pihaknya ingin mewujudkan politik yang terus membangun peradaban, yang merawat lingkungan, yang mendorong sehat jiwa dan raga.

Hal itu sejalan dengan tema ulang tahun PDI Perjuangan ke-48 soal berkepribadian dalam kebudayaan dan mengangkat tema politik hijau.

"Itulah tema-tema yang kami usung. Sekretariat PDI perjuangan akan mempelopori memakai motor listrik, dan karena di kantor DPP sekarang juga sudah dilengkapi dengan solar panel. Jadi sistem yang kita pakai untuk menghemat energi, sejalan dengan politik hijau," ujar Hasto.

2. Gowes bareng PDIP juga digelar di seluruh wilayah Indonesia

HUT ke-48 PDIP Gowes Bareng, Kampanye Gunakan Sepeda Buatan LokalPDIP gelar gowes bareng di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021). Dok: PDIP

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menjelaskan, agenda gowes bareng PDIP ini tidak hanya digelar di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia pada akhir pekan. Untuk di Jakarta, gowes digelar juga di kawasan Monas. Ada 4 grup di kedua zona tersebut, setiap grup akan diikuti oleh 20 pesepeda.

"Pak Sekjen berangkat dari pintu seberang Indosat. Saya dari pintu seberang Kemenko PMK. Sementara dari zona GBK, dari depan Masjid Al Bina ada Ketua DPP Pak Djarot Saiful Hidayat, dari pintu Tenggara dipimpin Ketua DPP PDI Perjuangan Pak Ahmad Basarah dan dari depan pintu Panahan Wasekjen PDI Perjuangan Pak Utut Adianto bersama 10 Anggota DPR-RI. Unsur sekretariat DPP, pengurus DPD dan DPC partai pada sejumlah titik lainnya," jelas Eriko.

Selain itu, peserta acara itu juga melaksanakan kegiatan senada di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan bahkan di Kepulauan Seribu. Eriko menambahkan, agenda sepeda ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021 mendatang.

3. PDIP ingatkan soal pentingnya kesehatan di tengah pandemik COVID-19

HUT ke-48 PDIP Gowes Bareng, Kampanye Gunakan Sepeda Buatan LokalKangen Banyuwangi, Gubernur Khofifah Gowes Kampanye Protokol Kesehatan (Dok. Pemkab Banyuwangi)

Ketua Panitia Abidin Fikri menambahkan, tujuan acara ini mengampanyekan pentingnya berolahraga dan menjaga kesehatan di masa pandemik COVID-19.

"Panitia telah memberi imbauan kepada seluruh peserta untuk menaati protokol kesehatan termasuk menghindari kerumunan. Menjaga jarak dan itulah sebabnya setiap titik hanya diikuti 20 pesepeda," ujar anggota DPR-RI itu.

Sementara itu, Sekretaris Panita Gowes Bareng PDIP Yuke Yurike menjelaskan seluruh peserta diberi rompi berlogo PDIP dan disarankan membawa tumbler.

"Semua diharap bisa menjaga kedisiplinan. Semoga acara berjalan dengan lancar. Tim medis pun disiapkan untuk mengantisipasi bila ada yang membutuhkan," ucap Yuke.

Baca Juga: Ketua PDIP Sulsel Terkejut Nurdin Abdullah Terjaring OTT KPK

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya