Comscore Tracker

Idham Azis Resmi Serah Terima Jabatan Kapolri ke Listyo Sigit

Idham meyakini Polri akan lebih baik di bawah Listyo

Jakarta, IDN Times - Jenderal Polisi Idham Azis secara resmi telah serah terima jabatan Kapolri kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021).

“Atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolri Jenderal Polisi Prabowo beserta ibu Juliati Sigit, atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia untuk memimpin institusi Polri ini,” kata Idham.

Idham meyakini, di bawah kepemimpinan Listyo Sigit kelak Polri akan bertransformasi menjadi institusi yang lebih baik.

“Seperti kata orang bijak hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” kata Idham.

Baca Juga: [BREAKING] Jadi Kapolri, Listyo Sigit Naik Pangkat Jadi Jenderal

1. Idham juga ucapkan selamat kepada Juliati Sigit Prabowo

Idham Azis Resmi Serah Terima Jabatan Kapolri ke Listyo SigitSerah terima jabatan Kapolri dari Jendral Idham Azis ke Jendral Listyo Sigit (Dok. Humas Mabes Polri)

Selain sertijab Kapolri, serah terima jabatan juga dilakukan untuk Ketua Umum Bhayangkari, Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, dan Ibu Asuh Polisi Wanita Republik Indonesia dari Fitri Idham Azis yang merupakan istri Idham Azis, kepada Juliati Sigit Prabowo yakni istri Listyo Sigit.

“Saya juga mengucapkan selamat bertugas kepada Ibu Juliati Sigit Prabowo atas amanah yang diberikan selaku Ketua Umum Bhayangkari, Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, dan selalu dibuat Polwan yang baru,” ujar Idham.

2. Listyo ucapkan terima kasih ke Idham

Idham Azis Resmi Serah Terima Jabatan Kapolri ke Listyo SigitSerah terima jabatan Kapolri dari Jendral Idham Azis ke Jendral Listyo Sigit (Dok. Humas Mabes Polri)

Menanggapi Idham, Listyo ungkap komitmennya untuk membawa institusi Polri menjadi lebih baik ke depan. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Idham Azis.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jenderal Polisi Idham Azis beserta ibu yang berkenan hadir di tengah keluarga besar Polri, dan acara ini merupakan ungkapan rasa cinta dan terima kasih kepada kami seluruh keluarga besar Polri, kepada bapak yang telah mendarmabaktikan segenap jiwa jiwa dan raga kurang lebih 33 tahun untuk institusi Polri,” ujar Listyo.

3. Presiden lantik Listyo Sigit jadi kapolri

Idham Azis Resmi Serah Terima Jabatan Kapolri ke Listyo SigitKabareskrim Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (27/1/2021) pukul 09.30 WIB.

"Demi Tuhan YME, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Listyo mengikuti Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menunjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,  bahwa saya akan menujungkan tinggi Tri Brata," lanjutnya.

Acara pelantikan Kapolri ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mantan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan lainnya.

Baca Juga: Profil Listyo Sigit: Dari Ajudan Jokowi Jadi Kapolri

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya