Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan Gerindra

Lobi-lobi ketua umum partai menentukan

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra menyatakan diri siap bersaing untuk mendapatkan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. 

Dua partai politik itu sudah menyebutkan nama kader yang akan dijagokan atau diusung untuk menduduki jabatan tersebut. Dari PDIP, mencuat nama Ahmad Basarah. Sedangkan dari Gerindra beredar nama Ahmad Muzani. Dua-duanya saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

Baca Juga: Rebutan Kursi Ketua MPR: PKB Beri Opsi Teknis ke Gerindra

1. Nama-nama lain yang berpotensi diusung menjadi ketua MPR selain Ahmad Basarah

Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan GerindraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan, Ahmad Basarah merupakan salah satu kader yang berpotensi menjadi calon ketua MPR periode mendatang. 

Selain Basarah, kata dia, nama-nama lain yang juga berpotensi diusung menjadi ketua MPR yakni Yasonna Laoly, Trimedya Panjaitan, dan Andreas Hugo Pareira.

"Bisa dilihat yang duduk di Wakil Ketua MPR saat ini, rekam jejaknya cukup baik dalam sistem negara kita. Dulu pimpinan fraksi (PDIP) Yasonna, lalu Trimedya, kemudian Andreas. Banyak tokoh-tokoh yang berkecimpung memahami konstitusi dan sistem kenegaraan sekarang," kata Hendrawan kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (22/7).

2. PDIP enggan memaksa untuk bisa duduk di kursi MPR

Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan GerindraIDN Times/Irfan Fathurohman

Namun begitu, dia menegaskan, PDIP tidak ngotot atau memaksa untuk harus menduduki kursi ketua MPR periode mendatang.

Menurutnya, hal terpenting adalah PDIP menjadi bagian di pimpinan MPR karena memiliki agenda terbatas yakni melakukan amandemen terbatas pada Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

"Kami menjadi bagian dari pimpinan MPR," kata Hendrawan.

3. Nama kader PDIP yang akan diduduk di kursi pimpinan parlemen ditentukan Megawati

Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan GerindraIstimewa

Hendrawan menyatakan, nama kader PDIP yang nantinya akan maju sebagai calon ketua MPR periode mendatang, akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Karena menurutnya, ada kemungkinan partainya akan membentuk paket pimpinan MPR tersendiri di luar paket pimpinan lainnya.

“Kami itu kursinya besar, maka tentu sayang kalau kami tidak berinisiatif ya,” ungkapnya.

4. Gerinda usung nama Muzani

Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan GerindraIDN Times/Irfan Fathurochman

Sementara itu, Ketua DPP Partai Gerindra Fary Djemy Francis mengatakan, pihaknya menjagokan Muzani untuk menduduki kursi ketua MPR periode mendatang. 

Menurutnya, Muzani adalah sosok yang tepat karena bisa diterima oleh semua fraksi di Parlemen. "Salah satunya Muzani," kata Fary.

Sejauh ini, setidaknya lima parpol telah mengungkapkan keinginan untuk menempatkan kadernya di pucuk pimpinan MPR. Mereka adalah Golkar, PKB, Gerindra, PPP, dan Demokrat.

Baca Juga: Maju Memperebutkan Kursi MPR 1, Berikut Profil Cak Imin

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya