Ini Peran Presiden KSPI dalam Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Presiden KSPI ditanyai 23 pertanyaan oleh polisi

Jakarta, IDN Times - Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya telah memeriksa Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Selasa (9/10). Pantauan IDN Times di Polda, Iqbal menjalani pemeriksaan selama 8 jam. 

Menggunakan kemeja berwarna biru, Iqbal keluar dari Direktorat Reserse Kriminal Umum pukul 18:20 WIB. Iqbal mengatakan, dia ditanyai 23 pertanyaan oleh penyidik.

“Saya berstatus saksi terhadap tersangka Ratna, ada 23 pertanyaan yang diajukan penyidik dan berlangsung dengan rileks, santai tidak ada tekanan,” kata Iqbal.

Lalu apa peran Iqbal yang menurut Argo namanya disebut oleh Ratna dalam pemeriksaan?

1. Iqbal diminta datang ke rumah Ratna pada 28 September

Ini Peran Presiden KSPI dalam Kasus Hoaks Ratna SarumpaetANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dari 23 pertanyaan tersebut, Iqbal menjelaskan tentang apa yang ia tahu dan yang ia dengar, tentang bagaimana kejadian yang menimpa Ratna Sarumpaet tersebut. Ia juga menjelaskan secara singkat bahwa pada tanggal 28 September sekitar pukul 23.30 WIB, dia diminta untuk datang ke rumah Ratna.

Malam itu, Iqbal mengaku baru pulang dari acara televisi swasta dan kemudian ditelepon salah satu staf Ratna Sarumpaet. Dalam sambungan telepon itu, Ratna juga berbicara dan memintanya datang. 

"Saya sampaikan, saya ga bisa hadir untuk datang. Tapi tiba-tiba, ia menangis dan mengatakan ‘kamu harus datang, karena saya dianiaya, karena saya dianiaya’ singkat cerita saya putuskan untuk datang ke rumah Ratna,” ucap Iqbal.

Baca Juga: 5 Fakta Penahanan Ratna Sarumpaet dalam Drama Kebohongan

2. Iqbal diminta Ratna mempertemukannya dengan Prabowo

Ini Peran Presiden KSPI dalam Kasus Hoaks Ratna SarumpaetANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dalam pertemuan Iqbal dan Ratna secara singkat cerita, Ratna menjelaskan tentang penganiayaannya, bahwa dalam cerita tersebut intinya Ratna minta bisa dipertemukan oleh Calon Presiden Prabowo Subianto.

“Dan dia ingin menjelaskan langsung kepada Pak Prabowo karena sebelumnya menurut cerita Ratna sudah berbicara ke Fadli Zon tentang penganiayaan tersebut dan menurut ceritanya Pak Prabowo ingin menjenguk Ratna, dari cerita tersebut intinya saya diminta Ratna untuk memperkuat bisa bertemu Pak Prabowo,” papar Iqbal.

3. Akhirnya, Ratna dan Prabowo bertemu

Ini Peran Presiden KSPI dalam Kasus Hoaks Ratna SarumpaetANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kesimpulannya, akhirnya Iqbal menyampaikan ke ajudan Prabowo bahwa Ratna ingin berjumpa.

“Singkat cerita, akhirnya mereka berjumpa di satu tempat, saya sebutkan tadi kepada penyidik, di situ (pertemuan) saya hadir, dalam pertemuan tanggal 2 Oktober tersebut, Ratna mengulang kembali cerita yang dia ceritakan kepada saya pada tanggal 28 September tengah malam tersebut di rumahnya,” ujar Iqbal.

 

4. Prabowo minta Ratna untuk melakukan visum dan lapor polisi

Ini Peran Presiden KSPI dalam Kasus Hoaks Ratna SarumpaetBerbagai sumber

Mendengar cerita dari Ratna, kata Iqbal, Prabowo meminta kepada Ratna untuk segera mengambil tindakan hukum berupa pelaporan kepada polisi atas kejadian yang dialaminya.

“Satu, lapor polisi dan lakukan visum et repertum, supaya jelas masalahnya, Ratna seperti pada tanggal 28 September bercerita kepada saya jawabannya sama, dia pesimis kalau ini dilaporkan ke polisi akan ditindaklanjuti, waktu bercerita kepada saya pun sama jawabannya," kata dia. 

Prabowo menyampaikan, kalau memang perlu pendampingan silakan, ada ACTA ada divisi hukum Gerindra yang akan membantu. "Tapi laporkan polisi," katanya.

Yang kedua, Prabowo menyampaikan bahwa tidak boleh ada kekerasan di dalam demokrasi. 

Terkuak kemudian, kabar mengenai penganiayaan kepada Ratna itu ternyata tidak ada. Ratna mengakui bahwa dia berbohong kepada sejumlah pihak. 

Polisi kemudian menetapkan Ratna sebagai tersangka dan menahannya di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.  

Baca Juga: Jadi Saksi Kasus Ratna Sarumpaet, Presiden KSPI Diperiksa Polda 8 Jam

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya