Ini Protokol Kesehatan Singapore Airlines saat Pandemik COVID-19

SIA mengoptimalkan layanan penerbangan

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 mengubah kebiasaan lama pada dunia penerbangan, di mana beberapa syarat harus dipenuhi oleh calon penumpang. Salah satunya dilakukan oleh Singapore Airlines (SIA) yang memperkenalkan sejumlah protokol kesehatan.
 
Protokol kesehatan yang dibuat SIA untuk menyempurnakan pengalaman perjalanan berdasarkan saran dari para ahli medis, regulator dan mitra, serta masukan dari para pelanggannya.

“Inisiatif (protokol kesehatan) ini membantu memastikan bahwa, di tengah wabah COVID-19, standar kesehatan dan keselamatan industri kami tetap menjadi bagian integral dari janji pelayanan kelas dunia SIA. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk bepergian bersama kami dengan penuh keyakinan, karena mengetahui bahwa kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesejahteraan sepanjang perjalanan mereka,” kata Chief Executive Officer Singapore Airlines Goh Choon Phong lewat keterangan tertulisnya, Senin (29/6).
 
“Kami juga bekerja pada berbagai solusi digital baru yang akan lebih meningkatkan pengalaman pelanggan, serta mendukung inisiatif kesehatan dan keselamatan. Ini akan memungkinkan SIA untuk lebih memenuhi harapan dari para pelanggan kami selama masa-masa ini,” sambungnya.

Berikut beberapa protokol kesehatan yang diberlakukan oleh Singapore Airlines.

1. Peningkatan standar kebersihan

Ini Protokol Kesehatan Singapore Airlines saat Pandemik COVID-19https://www.singaporeair.com/

Goh Choon Phong mengatakan, SIA telah meningkatkan prosedur pembersihan di semua tempat, termasuk pada Lounge SilverKris. Pelanggan dapat menikmati makanan ala carte daripada layanan prasmanan di lounge, di mana staf SIA mengenakan masker sepanjang waktu dan sarung tangan saat diperlukan.
 
Setiap pesawat SIA Group telah melalui proses tambahan pembersihan sebelum penerbangan. Ini termasuk prosedur pengasapan pesawat yang mengikuti persyaratan peraturan.

Permukaan umum dan area seperti jendela, meja baki, handset, layar hiburan dalam penerbangan, toilet dan dapur dibersihkan dengan disinfektan kuat yang disetujui. Headset, penutup kepala, sarung bantal, seprei, dan selimut juga dicuci dan diganti setelah setiap penerbangan.
 
Pola aliran udara dari langit-ke-lantai di dalam kabin membantu membatasi penyebaran virus dan bakteri. Udara juga disegarkan setiap dua hingga tiga menit. Setiap pesawat dalam armada dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang menghilangkan lebih dari 99,9 persen partikel termasuk virus dan bakteri di udara.
 
Hampir semua toilet di pesawat SIA memiliki keran tanpa kontak dan cuci tangan anti-bakteri. SIA juga melihat uji coba prosedur pembersihan ultra-violet (UVC) di darat untuk toiletnya sebelum setiap penerbangan.

Baca Juga: Singapore Airlines Batalkan Penerbangan ke Indonesia karena Corona

2. Produk dan layanan di dalam penerbangan

Ini Protokol Kesehatan Singapore Airlines saat Pandemik COVID-19Facebook.com/singaporeair

Mulai 8 Juli, kata Goh Choon Phong, semua maskapai di SIA Group akan menyediakan seperangkat perlindungan kesehatan bagi para pelanggan yang terdiri dari masker bedah, tisu tangan anti-bakteri, dan hand sanitizer.
 
E-Library SIA adalah pengganti digital yang ideal untuk surat kabar, majalah, dan literatur seatback yang telah dihapus dari pesawat kami. Ini tersedia melalui aplikasi seluler Singapore Air, dan menyediakan akses ke lebih dari 150 surat kabar internasional, majalah, dan bahan bacaan lainnya.
 
Maskapai ini juga menawarkan App Companion pertama di dunia yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan KrisWorld dan sistem hiburan dalam penerbangan (IFE) SIA, melalui perangkat seluler mereka.
 
“Awak kami akan mengenakan masker di seluruh penerbangan, dengan tambahan kacamata mata saat berinteraksi dengan pelanggan dan sarung tangan selama layanan makan. Mereka juga merupakan duta kesehatan dan keselamatan dalam penerbangan kami selama ini, memberikan layanan penuh perhatian dan intuitif mereka yang terkenal di dunia untuk menghadirkan keyakinan bagi pelanggan kami,” ujarnya.

3. Pelayanan makanan

Ini Protokol Kesehatan Singapore Airlines saat Pandemik COVID-19instagram.com/singaporeair

SIA telah memodifikasi layanan makanan dan minuman dalam penerbangannya untuk mengurangi risiko kontak bagi pelanggan dan anggota kru kami. Layanan makanan telah ditangguhkan untuk penerbangan di Asia Tenggara dan layanan ke Cina Daratan karena alasan kebijakan.

Sebaliknya, tas makanan ringan disediakan untuk pelanggan.
 
Pada penerbangan jarak jauh, layanan baki tunggal telah diperkenalkan di First Class dan Business Class menggantikan layanan tata letak meja. Untuk meningkatkan pengalaman bersantap dalam penerbangan selama periode ini, SIA secara progresif memperkenalkan kembali pelanggan favorit seperti sate khas maskapai dan roti bawang putih mulai pertengahan Juni 2020.

Layanan pemesanan makanan digital di lounge dan e-menu dalam penerbangan akan diperkenalkan dalam beberapa bulan mendatang. Aplikasi Singapore Air juga ditingkatkan untuk memberi pelanggan informasi lebih lanjut tentang pembatasan perjalanan dan kesehatan di seluruh jaringan SIA. Ini akan dipersonalisasi menurut pesanan masing-masing.
 
Perusahaan sedang mengerjakan solusi Print-n-Go, yang akan memungkinkan pelanggan untuk mencetak boarding pass dan label bagasi mereka di kios swalayan bandara tanpa kontak dengan cara melalui aplikasi Singapore Air atau kode QR.

4. Calon penumpang bisa mengetahui seluruh informasi penerbangan lewat situsweb Singapore Airlines

Ini Protokol Kesehatan Singapore Airlines saat Pandemik COVID-19instagram.com/singaporeair

Pusat informasi COVID-19 di situsweb Singapore Airlines adalah sumber informasi lengkap bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kebijakan pemesanan, jadwal penerbangan, dan saran perjalanan.
 
Untuk memberikan lebih banyak jaminan bagi pelanggannya, SIA telah merevisi kebijakan global pembebasan biaya seperti menawarkan bonus kredit penerbangan atau memberikan pengembalian uang kepada mereka yang lebih memilih opsi tersebut. Kami juga telah memperpanjang validitas status KrisFlyer dan PPS, serta tanggal jatuh tempo untuk miles mereka.

Baca Juga: Dirut Garuda Bandingkan Dana Talangan dengan Singapore Airlines

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya