Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres Berikutnya

BPN siapkan serangan Prabowo di debat keempat?

Jakarta, IDN Times - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ternyata masih geram dengan serangan Capres Petahana Joko ‘Jokowi’ Widodo yang dilancarkan kepada Capres Prabowo Subianto pada debat capres kedua Pilpres 2019.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso mengungkapkan apa yang dilakukan Jokowi adalah niat buruk untuk menyerang secara pribadi Prabowo lewat data penguasaan lahan.

“Tentang tudingan kepada Prabowo. Ini memang ada niatan untuk mengumumkan di depan jutaan rakyat bangsa ini: itu loh Pak Prabowo menguasai lahan segitu banyaknya, pantas gak sih dia jadi Presiden,” kata Priyo di Media Center Prabwo-Sandiaga, di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (19/02).

Namun demikian, Wakil Ketua BPN itu membanggakan sikap ksatria Prabowo yang enggan menyerang balik atau membantah Jokowi.

“Perdebatan malam itu telah mengajari saya, Pak Prabowo adalah orang yang sangat sabar sekali. Untuk sabar itu butuh energi yang banyak,” ujarnya.

Lalu akan kah Prabowo terus bersikap bertahan pada debat keempat nanti dengan tema ideologi, pemerintahan pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional?

1. BPN persiapkan Prabowo untuk debat keempat

Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres BerikutnyaIDN Times/Irfan fathurohman

Seperti diketahui, dua kali debat Pilpres Prabowo selalu diserang. Menanggapi itu, Priyo Budi Santoso sebut pihaknya sempat kesulitan untuk menyarankan Prabowo agar dapat mengcounter serangan Jokowi. Prabowo kata Priyo, memiliki kesabaran yang bagus. Itulah kelemahan sekaligus kelebihan Prabowo.

Namun demikain, pihaknya tetap mengusulkan untuk menyerang balik Jokowi pada debat keempat nanti. “Kalau sudah dua kali gak diubah kami usulkan serang, kalau Pak Prabowo gak mau kan sulit,” ucapnya.

Baca Juga: Dari Kecil hingga Jadi Calon Presiden, Berikut Transformasi Prabowo

2. Akankah Prabowo menyerang?

Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres BerikutnyaIDN Times/Fitria Madia

“Anda menyarankan gak Pak Prabowo akan menanyakan macam-macam rudal di angkatan senjata kita apa saja Pak Jokowi? Anda berharap Pak Prabowo menanyakan itu untuk mempermalukan Jokowi? Saya tidak tahu, kemungkinan besar tidak melakukan itu,” kata Priyo.

Menurutnya Prabowo tetap akan menjaga suasana debat yang adem. Priyo lagi-lagi sebut kesulitan timnya menyarankan Prabowo untuk melakukan serangan. “Beliau terlalu baik, mungkin ini yang benar di depan masyarakat. Malah masyarakat akan memilih figur yang baik,” ucapnya.

3. Prabowo tetap akan memuji kinerja Jokowi

Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres BerikutnyaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dikatakan sebelumnya, Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengakui jika dirinya memberi pesan kepada Prabowo untuk tetap memuji kinerja Jokowi selama ini. Priyo pun menambahkan, sikap seperti itulah yang menunjukkan sikap asli Prabowo.

“Beliau bisa menunjukkan pribadi yang humble dan menghormat. Sudah digitukan (diserang) tapi beliau masih memuji. Tiga kali memuji Jokowi loh, itu lah sikap aslinya Pak Prabowo,” tutur Priyo.

4. Priyo sebut data Jokowi invalid

Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres BerikutnyaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Lebih lanjut, menilai debat kedua, Priyo sebut data-data yang digunakan Jokowi sebagian infalid atau tidak benar. Pasalnya, seperti data mengenai Jokowi yang memenangkan gugatan kerusakan hutan sebesar 18 triliun. Pernyataan Jokowi pun langsung dibantah oleh Greenpeace bahwa tidak ada uang masuk dari gugatan ke kas negara.

“Terus konflik agraria. Data-data terbaru dari konsorsium agraria angka konflik naik pada angka 650 konflik dengan luas 520.000 hektar,” katanya.

5. Debat ketiga antar cawapres

Ini yang Akan Dilakukan Prabowo di Debat Pilpres BerikutnyaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sebagai informasi, debat ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2019 dan berlokasi di Hotel Sultan, Senayan.

Tema yang akan diangkat kali ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya.

Pada debat ketiga ini hanya akan dilakukan oleh calon wakil presiden.

Sementara itu, media yang akan menyiarkan adalah TransTV, Trans7, dan CNN Indonesia TV.

Baca Juga: Sentil Lahan Prabowo di Debat Capres, Ini Sikap KPU Terhadap Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya