Interpol Polri Kirim Permohonan Cabut Yellow Notice Eril

Interpol bersurat ke kantor pusat di Lyon, Prancis

Jakarta, IDN Times - Sekretariat National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia mengirimkan surat permohonan pencabutan Yellow Notice atas nama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Rabu (8/6/2022).

Sekretaris NCB Interpol Polri Brigjen Amur Chandra mengatakan, secara faktual Yellow Notice akan ditutup ketika objek pencarian telah ditemukan.

"Ya secara faktual karena korban sudah ditemukan Yellow Notice pasti sudah tidak lagi diperlukan. Tapi secara administrasi perlu ditindaklanjuti secara resmi dari Polri," kata Amur dalam keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Jenazah Eril Tiba di Cimaung, Masyarakat-Pelajar Kumandangkan Salawat

1. Interpol bersurat ke kantor pusat di Lyon, Prancis

Interpol Polri Kirim Permohonan Cabut Yellow Notice ErilRidwan Kamil ikut dalam pencarian anaknya di Sungai Aare (dok. KBRI Bern)

Amur menjelaskan, pihaknya akan mengirim surat ke kantor pusat Interpol di Lyon, Prancis, untuk menutup Yellow Notice. Upaya ini dilakukan setelah sebelumnya dipastikan jenazah Eril ketemu.

"Karena kami akan segera kirim surat itu dengan fakta (Eril) sudah ditemukan, karena jawaban dari Kepolisian Swiss, Interpol Swiss, kami juga sudah terima kalau itu (Eril) memang sudah ditemukan," terang Amur.

2. Interpol Polri sudah berkomunikasi dengan kepolisian Swiss

Interpol Polri Kirim Permohonan Cabut Yellow Notice ErilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diapit sang istri Atalia dan putrinya Zara, duduk bersimpuh sambil pamit kepada Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. (www.instagram.com/@ataliapr)

Amur mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti pencabutan tersebut hari ini. Interpol Polri juga sudah berkomunikasi dengan kepolisian Swiss.

"Secara formal kami sudah bicara, mereka (kepolisian Swiss) juga sudah bisa sama kami. Jadi untuk tertib administrasi kami tindaklanjuti hari kerja (Senin)," ujarnya.

3. Eril telah dikebumikan di Cimaung hari ini

Interpol Polri Kirim Permohonan Cabut Yellow Notice ErilJenazah Emmeril Kahn Mumtadz saat tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu malam (12/6/2022). (Dok. Humas Jawa Bawat)

Sebelumnya, jenazah Eril telah tiba di Indonesia, mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/6) sekitar pukul 15.00 WIB. Eril ditemukan di Sungai Aare, Bern, Swiss setelah 14 hari pencarian.

Jenazah Eril kemudian dibawa ke Gedung Pakuan Bandung untuk disemayamkan dan kemudian dikebumikan di Cimaung Senin pagi ini.

Baca Juga: 5 Potret Kang Emil Genggam Erat Tangan Atalia, Tegar Kehilangan Eril

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya