Comscore Tracker

IPW: Tiga Kapolda Berpeluang Gantikan Listyo Sigit Jadi Kabareskrim 

Irjen Luki diprediksi berpeluang menjadi Sestama Lemhanas

Jakarta, IDN Times - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah ditetapkan DPR RI sebagai Kapolri. Menurut jadwal, Listyo akan dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Rabu (27/1/2021).

Dengan demikian, posisi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri kosong setelah kenaikan jabatan Listyo menjadi kapolri.

Menanggapi hal itu, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi ada tiga kapolda yang berpeluang menggantikan Komjen Pol Listyo Sigit.

“Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Alfinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim),” kata Neta lewat keterangan tertulis IPW, Senin (25/1/2021).

1. Irjen Luki berpeluang menempati posisi Sestama Lemhanas

IPW: Tiga Kapolda Berpeluang Gantikan Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. IDN Times/Fitria Madia

Neta juga menjelaskan, selain posisi Kabareskrim yang kosong, posisi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhanas) juga berpeluang ditempati empat calon yang disebut IPW.

Sebelumnya, Sestama Lemhanas ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu. Didid yang merupakan kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menjabat Sestama Lemhanas sejak 3 Maret 2020.

“Posisi Sestama Lemhanas, sepertinya bakal ada Komjen dari Mabes Polri yang digeser untuk menjadi Sestama Lemhanas. Selain itu Irjen Luki (Wakalemdikpol) juga disebut sebut akan bergeser ke Sestama Lemhanas atau ke posisi lain,” ujarnya.

Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Rabu 27 Januari

2. Kabareskrim akan ditunjuk Listyo setelah dilantik

IPW: Tiga Kapolda Berpeluang Gantikan Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, DPR RI telah menetapkan Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis. Nantinya, Listyo akan dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Rabu (27/1/2021).

“Iya (Listyo akan dilantik Rabu),” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (25/1/2021).

Dengan begitu, Listyo akan mendapat kenaikan pangkat dari jenderal bintang tiga menjadi jenderal bintang empat. Listyo juga akan menunjuk penggantinya sebagai Kabareskrim.

3. Setneg siapkan Keppres pengangkatan Listyo Sigit sebagai kapolri

IPW: Tiga Kapolda Berpeluang Gantikan Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ketua DPR Puan Maharani dalam suratnya menyebutkan, rapat paripurna pada Kamis (21/1/2021) telah menyetujui laporan Komisi III untuk mengangkat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri. Sigit akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun. 

Sementara pada surat lainnya, Puan juga menyebutkan, DPR menyetujui nama-nama calon anggota Dewas LPI dari unsur profesional yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Berdasarkan persetujuan DPR tersebut, selanjutnya akan ditetapkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai kapolri dan Keppres tentang Pengangkatan Dewas LPI yang keanggotaannya terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan unsur profesional.   

Pelantikan kapolri yang baru akan dilakukan sebelum masa tugas Idham Azis berakhir pada akhir Januari 2021.

Baca Juga: Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi Kapolri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya