Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi 

Istana bekerja sama dengan Mercy untuk 18 kendaraan VVIP

Jakarta, IDN Times - Sekretariat Presiden mengklarifikasi belasan sedan bermerek Mercedes Benz yang akan digunakan untuk kendaraan tamu VVIP negara pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Minggu (20/10) besok, tidak menyewa.

“Khusus penyiapan kendaraan VVIP dan cadangan VVIP, Sekretariat Presiden telah bekerja sama dengan Mercedes Benz Indonesia dan mendapatkan dukungan kendaraan tanpa dikenakan biaya sewa,” kata Kepala Biro Pers Istana, Erlin Suastini, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/10).

Baca Juga: Istana Sewa 18 Mercy Senilai Rp 1 Miliar untuk Kendaraan Tamu Negara

1. Istana sewa 66 kendaraan pendukung senilai Rp1 miliar

Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi toyota-global.com

Sementara itu, selain menyiapkan mobil VVIP tanpa dipungut biaya, Istana juga menyiapkan 66 unit kendaraan pendukung tamu seperti Toyota Alphard hingga Fortuner.

“Selain menyiapkan mobil VVIP, Sekretariat Presiden juga menyiapkan 66 unit kendaraan pendukung tamu negara dengan anggaran sebesar Rp1 miliar,” ujarnya.

2. Mobil VVIP keluaran baru

Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi IDN Times/Yohanes Nugroho

Kendati statusnya adalah sewa, namun Heru memastikan, sejumlah kendaraan yang akan dipakai itu baru keluar dari pabrik. Heru menjelaskan, total Mercy yang akan digunakan yakni 12 unit S450, 13 unit E300, empat unit E250, 10 unit E200.

"Tapi persyaratannya secara singkat kami minta ya baru, yang memang benar-benar baru dari pabrik," kata Heru dilansir Antara, Jumat (18/10).

3. Sebanyak 18 Mercy dipamerkan di halaman Istana

Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi Kantor Berita Antara

Sebanyak 18 sedan Mercy yang dipamerkan di halaman Istana Negara kemarin terdiri dari dua tipe, yakni 12 unit S450 dan enam unit E300.

"Jadi ada S450 untuk kepala negara dan setingkat utusan itu adalah E300," jelas Heru.

Selain itu, terdapat juga kendaraan lain yang akan digunakan untuk acara inaugurasi Presiden yakni 18 unit Toyota Alphard, sembilan unit Toyota Camry, dan 27 unit Toyota Fortuner untuk pengawalan.

4. Kepala negara yang berencana datang saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Kepala Setpres menjelaskan, sejumlah kepala pemerintahan/negara dan utusan negara sahabat akan datang pada acara pelantikan. Di antaranya Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Ada juga Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwan, dan beberapa utusan negara dari Amerika Serikat dan Laos.

Baca Juga: Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dihadiri Wapres Tiongkok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya