Jadi Staf Khusus Wapres Ma’ruf Amin, Siapa Lukmanul Hakim?

Lukman dikenal sebagai pakar sertifikasi halal

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi mengangkat delapan staf khusus. Salah satunya, Lukmanul Hakim. Dia dipilih Ma’ruf sebagai Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Bagaimana perjalanan kariernya?

1. Lukman dikenal sebagai pakar sertifikasi halal

Jadi Staf Khusus Wapres Ma’ruf Amin, Siapa Lukmanul Hakim?(Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim) Dok. mui.or.id

Dikutip dari laman Halal MUI, Lukman dikenal sebagai pelopor terbitnya buku-buku standar Sistem Jaminan Halal (HAS 23000) yang sekarang telah dijadikan standar bagi perusahaan bersertifikat Halal dan referensi bagi Lembaga Sertifikasi Halal luar negeri.

Pada 2011, dia menjabat sebagai ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tunjuk 8 Staf Khusus, Ini Daftar Nama dan Tugasnya

2. Lukman sempat terpilih sebagai Presiden World Halal Council

Jadi Staf Khusus Wapres Ma’ruf Amin, Siapa Lukmanul Hakim?(Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim) nu.or.id

Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 31 Juli 1969 itu mengenyam pendidikan S1 dan S2 Jurusan Teknik Pangan, Institut Pertanian Bogor. Dia kemudian
melanjutkan pendidikannya dan dianugerahi gelar PhD oleh Universitas Islam Eropa, Rotterdam pada 2015 melalui penelitian makalah berjudul "Islam dan ilmiah pada Istihalah".

Lukman juga sempat terpilih sebagai Presiden World Halal Council (WHC) dari 2009-2011 dan Presiden World Halal Food Council (WHFC) sejak 2011 sampai sekarang. yang bertujuan untuk membuat standar Halal dalam menyembelih, pengolahan makanan, dan kategori industri rasa dalam global.

3. Lukman merupakan dosen Teknologi Pangan Universitas Djuanda

Jadi Staf Khusus Wapres Ma’ruf Amin, Siapa Lukmanul Hakim?(Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim) Dok. mui.or.id

Dikutip dari situs dikti, Lukmanul juga merupakan dosen Teknologi Pangan Universitas Djuanda di Ciawi, Bogor, sejak tahun 1995. Berdasarkan inisiatifnya, Universitas Djuanda memiliki Fakultas Ilmu Makanan Halal. Kini, dia menjabat sebagai Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Baca Juga: Jadi Staf Khusus Wapres Ma'ruf Amin, Siapa Sosok Robikin Emhas?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya