Joko Anwar Semprot Tjahjo Kumolo karena Unggah Link Gratis Film

Mau mengedukasi masyarakat gak gitu caranya pak...

Jakarta, IDN Times - Di hari kemerdekaan Indonesia, Twitter ramai dengan cuitan Sutradara Joko Anwar yang menyemprot akun Twitter Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, karena membagikan tautan gratis film-film perjuangan.

Joko melalui akun Twitter pribadinya @jokoanwar, menyebut cuitan Tjahjo tak mencerminkan sebagai menteri yang mendukung industri film tanah air.

“Gak ada gunanya kita merayakan 75 tahun merdeka, kalau mengambil hak orang lain, apa pun alasannya,” cuit Joko Anwar.

1. Joko sebut cuitan Tjahjo ilegal

Joko Anwar Semprot Tjahjo Kumolo karena Unggah Link Gratis FilmTangkap Layar - Cuitan Joko Anwar semprot akun twitter Tjahjo Kumolo (Twitter.com/jokoanwar)

Sutradara film Perempuan Tanah Jahanam itu juga mengaku kecewa dengan banyaknya tautan film dalam cuitan Tjahjo, yang diunggah secara ilegal dan tanpa seizin pemiliknya.

“Apakah benar ada seorang menteri @jokowi membagi-bagikan link film-film Indonesia di Youtube yang di-upload secara ilegal? Kalau benar, izinkan saya patah hati dan hilang harapan pemerintah Indonesia serius mendukung atau paham industri kreatif,” kata Joko.

Baca Juga: [WANSUS] Joko Anwar, Membawa Indonesia Jadi Kiblat Film Horor Dunia

2. Joko Anwar pesimis pada edukasi pemerintah soal HAKI

Joko Anwar Semprot Tjahjo Kumolo karena Unggah Link Gratis FilmMenPAN-RB Tjahjo Kumolo (IDN Times/Helmi Shemi)

Menurut Joko, mustahil pemerintah mengedukasi masyarakat tentang hak atas kekayaan dan intelektual, kalau menterinya saja tidak paham.

“Gak mungkin juga mengedukasi rakyat tentang HAKI, kalau pemerintahnya aja gak paham,” kata dia.

3. Tjahjo mengaku salah membagikan tautan film perjuangan

Joko Anwar Semprot Tjahjo Kumolo karena Unggah Link Gratis FilmTangkap Layar - Cuitan Tjahto Kumolo share link gratis film perjuangan (Twitter.com/tjahjo_kumolo)

Menanggapi cuitan Joko Anwar, Tjahjo melalu akun Twitternya, @tjahjo_kumolo, mengaku menyadari perbuatannya salah dan meminta maaf kepada Joko Anwar. Ia siap jika harus mengganti rugi.

“Yth Bp Joko Anwar Sutradara Film Perjuangan, saya mendapat kiriman WA koleksi film perjuangan tersebut. Mengingat Hari Kemerdekaan RI. Saya berbagi saja kepada group via Twitts, mohon maaf kalau saya salah dan khilaf. Kalau saya harus membayar karena saya berbagi saya siap semampu saya, demikian, terima kasih,” ujar Tjahjo.

Baca Juga: Merespons Murkanya Jokowi, Tjahjo Kumolo Siap Jika Kena Reshuffle

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya