Jokowi Akan Hadiri Rakernas PDIP di Jiexpo Kemayoran Hari Ini

Rakernas PDIP akan menampilkan pameran industri dan rempah

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional I sekaligus HUT ke-47 partai di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat mulai hari ini, Jumat (10/1), sampai Minggu (12/1). Berdasarkan rangkaian agenda Rakernas, Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal hadir.

Acara yang bertema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional" ini dibuka pada pukul 13.00 WIB. Peserta, tamu undangan, dan pengurus DPP PDIP diminta memasuki ruang acara. Setelah itu, pukul 14.14 WIB, Megawati bersama Presiden Jokowi memasuki arena Rakernas.

Baca Juga: 2 Stafnya Diduga Terjaring OTT KPK, Sekjen PDIP Hasto Sakit Diare

1. Rakernas akan dibuka dengan pameran Jalur Rempah dan pemutaran video

Jokowi Akan Hadiri Rakernas PDIP di Jiexpo Kemayoran Hari IniSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Kegiatan dimulai dengan pameran Jalur Rempah yang dimulai dengan pemutaran video. Sejumlah kesenian yang menunjukkan kejayaan rempah juga ditampilkan lewat pertunjukan seni. Selanjutnya, peserta diminta membacakan teks Pancasila dan menyanyikan sejumlah lagu nasional.

Pada pukul 15.00 WIB, Megawati bakal menyampaikan pidato politik. Setelah Presiden kelima RI itu berpidato, Presiden Jokowi memberikan sambutan. Lalu peserta berdoa disusul pelaksanakan pemotongan nasi tumpeng.

2. Usai pameran industri akan digelar sidang Rakernas tertutup

Jokowi Akan Hadiri Rakernas PDIP di Jiexpo Kemayoran Hari IniKonferensi pers PDI Perjuangan menjelang Rakernas dan HUT ke-47, Rabu (8/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pada pukul 16.46 WIB, para tamu undangan mengunjungi pameran industri berbasis riset dan inovasi nasional. Dalam pameran ini, bakal ditampilkan seluruh kekayaan rempah-rempah Nusantara berikut cara pengelolaannya dengan teknologi paling mutakhir.

Setelah pameran, para peserta akan mengadakan sidang Rakernas. Acara ini akan diselenggarakan secara tertutup.

3. PDIP yakin ilmu pengetahuan dan riset sebagai kunci kemakmuran negeri

Jokowi Akan Hadiri Rakernas PDIP di Jiexpo Kemayoran Hari IniKonferensi pers PDI Perjuangan menjelang Rakernas dan HUT ke-47, Rabu (8/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasto mengatakan, PDIP meyakini riset, inovasi, teknologi, dan ilmu pengetahuan, merupakan kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari. Oleh karena itu, partai yang dipimpin Megawati itu berkomitmen untuk mendorong agenda tersebut menjadi prioritas pemerintah.

"Rakernas I menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati, berbagai aplikasi teknologi dan lain-lain, yang menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju," kata Hasto lewat keterangan tertulisnya, Jumat (10/1).

4. PDIP mengambil seluruh nilai kehidupan dan menangkap keinginan rakyat dalam setiap kebijakannya

Jokowi Akan Hadiri Rakernas PDIP di Jiexpo Kemayoran Hari IniSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto juga mengingatkan bahwa hari ini merupakan hari jadi PDIP ke-47. Menurut Hasto, PDIP telah melewati perjalanan panjang dengan pasang turun serta pasang naik yang menggembleng partai hingga hadir sebagai partai ideologis.

"Kokoh dalam Pancasila, bersyukur dan merawat kebinekaan Indonesia, dan terus berjuang menghadirkan politik yang membumi dengan hadir, menyatu, menangis dan tertawa bersama rakyat," kata alumni UGM ini.

Dengan bekal pengalaman itu, Hasto menyadari PDIP dalam setiap kebijakan dan programnya selalu mengambil keseluruhan nilai-nilai kehidupan, menangkap keinginan rakyat dan fokus pada konsolidasi kader partai. Hal itu tak lebih untuk melahirkan kebijakan politik yang menyelesaikan berbagai persoalan rakyat, mengedepankan visi, haluan masa depan.

"Misalnya dalam hal pangan, obat-obatan, rempah, minyak atsiri, dan berbagai penciptaan added value terhadap seluruh sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini. Partai menaruh perhatian yang begitu besar terhadap pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui kegiatan riset dan inovasi," kata Hasto.

Baca Juga: Staf Sekjen PDIP Hasto Terseret OTT KPK, Yasonna: Gak Ada! 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya