Jokowi Belum Buka Forum Ketum Parpol Koalisi Bahas Menteri Kabinet

PDIP juga belum setor nama ke Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih 2019-2024 Joko “Jokowi” Widodo belum membahas menteri Kabinet Kerja, karena bersama Wapres terpilih Ma'ruf Amin masih fokus konsolidasi pasca-Pilpres 2019.

Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan dalam menyusun Kabinet Kerja, Presiden Jokowi harus berkonsultasi dan berkoordinasi dengan ketua umum partai politik koalisi. Jokowi belum melakukan itu.

"Dua agenda itu, sepanjang sepengetahuan saya, belum ada pembicaraan spesifik yang membahas postur kementerian, apalagi nama-nama calon menteri kabinetnya," kata Basarah di kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (18/7).

Lalu, bagaimana dengan PDIP? Apakah sudah mengajukan calon menteri ke kabinet Jokowi-Ma'ruf?

1. PDIP belum mengusulkan calon menteri ke Jokowi

Jokowi Belum Buka Forum Ketum Parpol Koalisi Bahas Menteri KabinetIDN Times/Irfan Fathurohman

Basarah mengatakan hingga kini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mengusulkan kadernya sebagai calon menteri, untuk Kabinet Kerja. Megawati ingin Jokowi fokus menyelesaikan tugas kepresidenan terlebih dahulu.

"Ibu Megawati belum menggunakan prerogatifnya, maka dapat dikatakan hingga kini belum ada nama calon menteri dari PDIP kepada Presiden Jokowi. Karena Ibu Mega masih memberikan kesempatan kepada Pak Jokowi untuk menyelesaikan hal-hal yang fundamental, demi kepentingan bangsa yang lebih besar," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Minta PPP Setorkan 9 Nama Calon Menteri

2. Bagaimana tanggapan PDIP soal daftar kabinet yang beredar?

Jokowi Belum Buka Forum Ketum Parpol Koalisi Bahas Menteri KabinetIDN/sidratul muntaha

Basarah menanggapi dokumen berjudul Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024 yang beredar di media sosial. Dia memastikan dokumen itu palsu dan tidak jelas asal-usulnya.

"Menjelang pembentukan kabinet ini di medsos banyak sekali rancangan susunan yang beredar dengan berbagai versi. Menurut pandangan saya, berita-berita itu sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan," ujar dia.

3. Belum ada pembicaraan soal menteri antara Jokowi dan ketua umum partai koalisi

Jokowi Belum Buka Forum Ketum Parpol Koalisi Bahas Menteri KabinetIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Basarah menyebutkan belum ada pembicaraan antara Jokowi dan ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) mengenai menteri kabinet. Dia kembali menyatakan Jokowi dan Ma'ruf masih fokus melakukan konsolidasi kebangsaan pasca-Pilpres 2019.

Terkait adanya sejumlah nama kader PDIP dalam risalah tersebut, Basarah kembali menegaskan Megawati belum mengusulkan mereka kepada Jokowi.

4. Megawati belum mengusulkan nama calon menteri

Jokowi Belum Buka Forum Ketum Parpol Koalisi Bahas Menteri KabinetAntara Foto: Aprilio Akbar

Sejumlah kader PDIP yang masuk dalam risalah itu di antaranya M Prananda Prabowo sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Eva Kusuma Sundari sebagai Menteri Koperasi dan UKM, dan Maruarar Sirait sebagai Kepala Staf Presiden (KSP). Terkait nama-nama ini, Basarah mengatakan prosedur pengusulan nama calon menteri dari PDIP ke Jokowi.

"Di PDIP berlaku prerogatif ketua umum PDIP. Jadi barang siapa kader PDIP yang akan diusulkan kepada presiden sebagai menteri, itu muncul dari kewenangan Ibu Megawati. Kemudian jadi menteri, itu prerogatif presiden. Jadi khusus kader PDIP yang akan jadi menteri, itu akan melalui dua instansi prerogatif," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Ini Kata Ma'ruf Amin

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya