Comscore Tracker

Jokowi Bidik Timnas Tembus Babak Penyisihan Piala Dunia U-20 2021

Timnas Indonesia akan berlaga pada Oktober mendatang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap tim nasional Indonesia di Piala Dunia U-20 2021, bisa tembus hingga babak penyisihan. Harapan itu ia sampaikan kepada Menpora dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7).

"Presiden berharap maksimal, tidak hanya sampai babak penyisihan sebab kita lolos sebagai tuan rumah bukan lewat kualifikasi," ungkap Menpora Zainudin Amali dikutip dari Kantor Berita Antara.

1. PSSI menyatakan kesanggupannya

Jokowi Bidik Timnas Tembus Babak Penyisihan Piala Dunia U-20 2021Ketum PSSI M Iriawan Hadiri meeting virtual/ Dokumentasi PSSI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun menyanggupi arahan Presiden, yang menginginkan timnas Indonesia berprestasi bagus di Piala Dunia U-20 2021 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2021.

Dalam piala dunia nanti, Indonesia akan bersaing dengan 23 negara lain dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, bukan perkara mudah untuk meraih target Jokowi. Apalagi PSSI mempunyai target yang lebih tinggi, yakni bisa tembus delapan besar bahkan semifinal.

2. Indonesia akan berkompetisi pada Oktober mendatang

Jokowi Bidik Timnas Tembus Babak Penyisihan Piala Dunia U-20 2021Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas U-19 masih punya setidaknya dua panggung uji coba untuk bisa membuktikan prestasinya sebelum berlaga di Piala Dunia U-20. Jika sesuai jadwal, mereka akan berkompetisi di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, Oktober mendatang.

Kompetisi tersebut juga akan menjadi ajang resmi pertama kali bagi manajer timnas, Shin Tae-yong, selama menukangi timnas U-19.

3. Jokowi tunjuk Menpora jadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021

Jokowi Bidik Timnas Tembus Babak Penyisihan Piala Dunia U-20 2021IDN Times

Sebelumnya, Presiden Jokowi secara resmi telah menunjuk Menpora sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC).

Zainudin menjelaskan, karena pembiayaan Piala Dunia U-20 ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara, maka untuk pihak penyelenggara harus ada unsur pemerintah.

“Keputusan rapat tadi INAFOC akan langsung dipimpin oleh menteri yang membidangi, yakni Menpora," kata Zainudin.

Baca Juga: Presiden Tunjuk Menpora Jadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya