Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti Rakyat

Jokowi pamer pembangunan infrastruktur yang telah dibangun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan 150 ribu relawan, Jokowi menyinggung pembangunan infrastruktur untuk bersaing dengan negara lainnya. Ia mengatakan pembangunan infrastrukur tersebut perlu dilanjutkan setelah ia lengser.

Ia mengimbau relawannya untuk memilih presiden pada 2024 yang mengerti rakyat dan bisa meneruskan pembangunan infrastruktur demi Indonesia maju.

“Nanti di 2024 pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan rakyat,” kata Jokowi di GBK.

1. Jokowi singgung infrastruktur luar Jawa yang berhasil dibangun

Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti RakyatPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan pembangunan Infrastruktur yang dilakukannya adalah dengan membangun daerah di luar Jawa. Dengan jalan tol, jalan kecil di desa, hingga jembatan. Hal penting dilakukan agar terciptanya ekonomi yang merata.

“Tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau jalannya becek. Gak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau kita gak punya airport di provinsi-provinsi. Dengan infrastruktur itulah rakyat diberi kemudahan membawa prodak-produknya. Petani bisa bawa padi dari desa ke kota, karena ada infrastruktur,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Kembali Bicara Reshuffle Kabinet: Bisa Tahun Ini

2. Jokowi targetkan pembangunan Tol Banyuwangi rampung sebelum ia lengser

Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti RakyatJokowi resmikan tol pertama di Aceh pada Selasa (25/8/2020). Jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 adalah jalan yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Salah satu pembangunan yang sedang dikebut adalah tol menuju Banyuwangi. Ia pun menargetkan pembangunan tersebut kelar sebelum lengser.

“Dan kita tahu jalan tol di Pulau Jawa sudah sambung menyambung dari barat sampai ke timur. Kurang dikit di Banyuwangi nanti 2023 InsyaAllah dikejar untuk segera di selesaikan,” ujar Jokowi.

3. Jokowi ingin Indonesia jadi negara maju pada 2045

Jokowi ke Relawan: Pilih Presiden yang Ngerti RakyatJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Oleh sebab itu, ia sebut pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus Indonesia di eranya perlu dilanjutkan. Jokowi menargetkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

“Pembangunan yang kita lakukan, reputasi global yang sudah kita peroleh harus kita lanjutkan. Dilanjutkan dampai 2029 setuju, sampai 2045 dan seterusnya. Kita ingin negara kaya pada 2045 menjadi 5 besar ekomomi terkuat di dunia. Kita ingin ekonomi kita bisa mencapai 7 triliun UD dolar di 2045. Artinya kita sudah menjadi negara maju,” katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Makan Bakso Tim IDN Times di Istana Bogor

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya