Comscore Tracker

Jokowi Minta Kader Gerindra Perbaiki Keadaan Akibat Dampak COVID-19

Jokowi kembali bahas mandatnya ke Prabowo

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo turut memberi sambutan secara virtual di Kongres Luar Biasa Partai Gerindra yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (8/8/2020), di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu Jokowi mengingatkan akan krisis pangan yang dialami kebanyakan negara dalam menghadapi pandemik COVID-19. Oleh karena itu, Jokowi mengajak kader Gerindra untuk memperbaiki keadaan dengan meninggalkan cara lama dan memperkuat yang lemah.

“Karena itu saya telah menugaskan Bapak Prabowo sebagai Menhan untuk memperkuat cadangan strategis pangan nasional yang segera akan kita bangun di Kalteng (Kalimantan Tengah), sehingga kita bisa mampu memproduksi sendiri apa yang menjadi kebutuhan pangan kita. Memperkuat ketahanan nasional khususnya di bidang pangan,” kata Jokowi.

Baca Juga: Hei Kader Gerindra! Presiden Jokowi Berpesan Ini pada Kalian 

1. Sebanyak 267 juta penduduk jadi kekuatan besar Indonesia berdikari

Jokowi Minta Kader Gerindra Perbaiki Keadaan Akibat Dampak COVID-19Makanan khas Dayak Kenyah Undrat Ao pangan dari tepung beras (Dok. DADPPU)

Jokowi yakin Indonesia memiliki modal dasar yang sangat kuat untuk berdiri di kaki sendiri (berdikari) dalam ketahanan pangan. Ia mengatakan, 267 juta penduduk Indonesia adalah kekuatan besar yang menjadi pasar besar bagi produk-produk sendiri.

“Kita juga memiliki penduduk dengan usia produktif yang sangat besar, yang juga menjadi kekuatan produktif negara kita. Saatnya kita melihat apa saja yang menjadi kekuatan negara kita untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan itu,” ujarnya.

2. Jokowi minta kesehatan jadi prioritas utama

Jokowi Minta Kader Gerindra Perbaiki Keadaan Akibat Dampak COVID-19Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas yang dilangsungkan secara virtual melalui video conference pada Selasa (28/7/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski ekonomi Indonesia terkontraksi secara tajam, minus 5,32 persen, namun Jokowi tetap optimis jika Indonesia bisa melewati tantangan tersebut. Ia mengajak kader Gerindra agar di kuartal ketiga bangkit.

“Kita bisa rebound sehingga kita tidak jatuh ke jurang resesi. Karena itu, saya mengajak seluruh kader Partai Gerindra di mana pun berada, baik yang sekarang menjadi kepala daerah maupun di legislatif untuk tetap menempatkan kesehatan, keselamatan rakyat sebagai prioritas,” kata dia.

3. Ekonomi tetap harus diperhatikan di masa pandemik COVID-19

Jokowi Minta Kader Gerindra Perbaiki Keadaan Akibat Dampak COVID-19Ilustrasi uang (IDN Times/Mela Hapsari)

Tantangan Indonesia tak sampai di situ. Menurut Jokowi, gelombang kedua pandemik COVID-19 menanti di depan mata bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan dan tetap memperhatikan ekonomi rakyat, dan ekonomi UMKM.

“Dengan cara membeli produk-produk buatan dalam negeri. Membeli produk-produk petani, membeli produk-produk nelayan, membeli produk-produk UMKM, saya harap dengan cara itu maka produksi petani, produksi nelayan, produksi UMKM akan ikut bergerak,” kata Jokowi.

Menutup sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Kongres Luar Biasa Partai Gerindra hari ini. “Saya mengajak seluruh kader Partai Gerindra untuk terus mengabdi untuk negeri, mengabdi untuk Indonesia maju, mengabdi untuk Indonesia Raya,” tutupnya.

Baca Juga: Jokowi Resmi Keluarkan PP Alihkan Status Pegawai KPK Jadi PNS

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya