Kapolda Papua Maksimalkan Negosiasi Bebaskan Pilot Susi Air

KKB minta TNI-Polri menghentikan operasi militer

Jakarta, IDN Times – Berbagai upaya dilakukan Aparat TNI-Polri untuk menyelamatkan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehterns, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Egianuas Kogoya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, mengatakan, pihaknya bakal memaksimalkan upaya penyelamatan tersebut dengan proses negosiasi agar KKB kelompok Egianus Kogoya bisa melepaskan pilot Susi Air tersebut.

“Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak gereja yang didalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya,” kata Kapolda Papua lewat keterangan tertulisnya, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Tito Karnavian Ungkap Empat Sumber Senjata KKB 

1. Kapolda Papua membuka diri untuk negosiasi dengan berbagai pihak

Kapolda Papua Maksimalkan Negosiasi Bebaskan Pilot Susi AirTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Kapolda Papua mengatakan, saat ini Satgas Damai Cartenz juga sedang menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat, tegas, dan terukur.

“Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan kapolres kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” ungkap Irjen Fakhiri.

Baca Juga: Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di Yahukimo

2. Kapolda Papua memberi kesempatan KKB untuk bernegosiasi

Kapolda Papua Maksimalkan Negosiasi Bebaskan Pilot Susi AirTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Lebih lanjut, Irjen Fakhiri juga sudah mengirimkan tim khusus untuk berupaya dalam melakukan negosiasi dan memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu pembebasan pilot yang disandera oleh KKB kelompok Egianus Kogoya.

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik, kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik. Semua sedang berjalan dan dari pihak gereja nantinya akan kita bantu salah satunya pihak Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi tersebut,” ujar Irjen Fakhiri.

Baca Juga: Anggota KKB di Yahukimo yang Serang Satgas Damai Cartenz Ditangkap

3. KKB minta TNI-Polri menghentikan operasi militer

Kapolda Papua Maksimalkan Negosiasi Bebaskan Pilot Susi AirTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) kembali merilis sebuah video tentang kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens, Selasa (25/4/2023).

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, memastikan, kondisi Philip sehat. Ia pun meminta Indonesia untuk menghentikan operasi militer di lokasi penyanderaan, Nduga, Papua.

“Presiden Indonesia, Joko Widodo harus hentikan operasi militer di Ndugama dengan segera. Jika tidak, membahayakan nyawa pilot asal Selandia Baru ini,” kata Sebby dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4/2023).

Sebby menjelaskan, telah menerima informasi dari Panglima Komando Daerah Pertahanan III Ndugama Derakma Brigadir General Egianus Kogeya bahwa Philip baik-baik saja.

Video berdurasi 1 menit 38 detik itu direkam pada 24 April 2023. Ia pun memberi catatan bahwa video dibuat khusus untuk Pemerintah Selandia Baru dan keluarga pilot di Selandia Baru.

“Dan kami tegaskan bahwa pembebasan pilot harus melalui negosiasi, tidak melalui operasi militer,” ujar Sebby.

Baca Juga: Berkunjung ke Nduga, Ka Ops Damai Cartenz Semangati Anggota Kejar KKB

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya