Kapolri Mutasi Eks Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Jadi Kapolda Sulut

Nana Sudjana dicopot karena pelanggaran protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Nana Sudjana sebagai Kapolda Sulawesi Utara melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021.

"Irjen Pol Nana Sujana Koorsahli Kapolri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sulut," dikutip dari telegram tersebut.

1. Nana Sudjana dicopot dari Kapolda Metro Jaya karena pelanggaran protokol kesehatan

Kapolri Mutasi Eks Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Jadi Kapolda SulutMantan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Nana Sudjana dicopot dari jabatan Kapolda Metro karena tidak menjalankan perintah penegakan protokol kesehatan terkait pencegahan COVID-19.

Pencopotan Nana Sudjana terkait kerumunan yang timbul di Petamburan Jakarta oleh Front Pembela Islam (FPI). Nana dicopot dari jabatannya pada 16 November 2020.

Baca Juga: Kapolri Tunjuk Komjen Agus Andrianto Sebagai Kabareskrim

2. Selain Nana, ada tiga pejabat kepolisian yang dicopot dari jabatannya

Kapolri Mutasi Eks Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Jadi Kapolda SulutIDN Times/Wildan Ibnu

Selain Nana, ada tiga petinggi kepolisian lainnya yang dicopot akibat kasus kerumunan Rizieq Shihab. Mereka adalah Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto dan Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.

Sejak Rizieq Shihab kembali ke tanah air pada 10 November 2020, terjadi beberapa kerumunan massa. Pertama saat penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kedua, kerumunan saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Majelis Taklim dan Zikir Al-A'faf Tebet. Ketiga, kerumunan saat  acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus akad nikah putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, dan kemudian kerumunan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural milik Rizieq Shihab, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, pada 13 November 2020.

3. Nana Sudjana digantikan Fadil Imran

Kapolri Mutasi Eks Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Jadi Kapolda SulutKapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Nana Sudjana saat itu digantikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Muhammad Fadil yang diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. Keputusan itu berdasarkan surat telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Baca Juga: Kapolda Metro-Jabar Dicopot, Polri: Gak Menegakkan Protokol Kesehatan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya