Kawendra, Juru Bicara Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Wakil Sekjen Gerindra

Siapakah Kawendra?

Jakarta, IDN Times - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi merombak susunan kepengurusan 2020-2025. Ada wajah baru di struktur kepengurusan, misalnya Juru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian yang ditunjuk menjadi wakil sekretaris jenderal Partai Gerindra.

“Tentunya ini merupakan ruang lebar yang diberikan Pak Prabowo dan para senior di Gerindra untuk generasi muda,” kata Kawendra kepada IDN Times, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Mulus! Gerindra Tunjuk Rahayu Saraswati Sebagai Wakil Ketua Umum

1. Gerindra menempatkan tokoh muda di jabatan strategis

Kawendra, Juru Bicara Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Wakil Sekjen GerindraJuru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian (Dok. Pribadi/Kawendra Lukistian)

Kawendra menjelaskan, Partai Gerindra tengah menyesuaikan struktur kepengurusannya dengan memerankan generasi muda di posisi penting partai. Hal tersebut bukan tanpa sebab, menurut dia, partainya tengah fokus dalam proses regenerasi kepemimpinan.

“Insyaallah ini adalah bagian dari perjuangan politik generasi muda, berperan semuda mungkin untuk bangsa tercinta,” kata dia.

2. Gerindra sentuh generasi millennials lewat tokoh muda

Kawendra, Juru Bicara Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Wakil Sekjen GerindraMenteri Pertahanan Prabowo Subianto. IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pengusaha muda sekaligus komposer musik itu mengatakan, dengan ditempatkannya tokoh-tokoh muda di posisi penting, merupakan usaha Gerindra untuk menyentuh generasi millennials.

“Semoga ke depannya lebih banyak generasi muda yang tergerak hatinya untuk berkontribusi melalui jalur politik, karena walau bagaimana pun berbagai keputusan politik yang menjadi kebijakan memengaruhi kehidupan keseharian kita semua,” ujar Kawendra.

3. Dari pendukung Jokowi hingga anak buah Sandiaga Uno

Kawendra, Juru Bicara Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Wakil Sekjen GerindraPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas pada Kamis (24/9/2020) di Istana Kepresidenan (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kawendra mulai terjun ke dunia politik ketika ia menjadi relawan pemenangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama saat Pilkada DKI Jakarta 2012. Ketika Jokowi dan Gerindra pecah kongsi akibat pencalonan Jokowi-JK pada Pemilu 2014, dia memutuskan mengakhiri dukungannya pada Jokowi.

Kemudian, pada Pilpres 2014, Kawendra memutuskan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bersama Gerindra.

Pada pertengahan 2015, mulai muncul wacana pencalonan Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017. Kawendra saat itu menjadi relawan Sandiaga dengan membentuk gerakan Sahabat Sandiaga Uno (SSU).

Hal ini berlanjut hingga Sandiaga maju sebagai calon wakil presiden menemani Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Saat itu, Kawendra berperan sebagai juru kampanye nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Baca Juga: Prabowo Masih Jadi Ketum, Ini Kepengurusan Partai Gerindra 2020-2025

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya